Jakarta (ANTARA News) - MPR RI mengapresiasi prestasi luar bisa yang diraih para atlet disabilitas dengan segala keterbatasan fisik yang mereka miliki.

"Saya kagum, prestasi luar biasa.  Dengan segala keterbatasan fisik yang ada, mereka mampu menunjukkan prestasi yang luar biasa yang belum tentu bisa didapat orang yang tidak memiliki keterbatasan fisik," kata anggota MPR RI dari fraksi Partai Demokrat Melani Leimena Suharli dalam siaran pers yang diterima Antara Jakarta, Senin (03/12).

Pernyataan tersebut disampaikan saat dia, didampingi Kepala Biro Humas Sekretariat Jenderal MPR RI Siti Fauziah, menerima kunjungan lima atlet disabilitas peserta kejuaraan Pekan Paralympic Games Daerah (Peparda) V Jawa Barat di Gedung MPR/DPR/DPD di Senayan, Jakarta.

Dalam pertemuan itu, yang digelar dalam rangka menyambut Hari Disabilitas Internasional yang  jatuh setiap 3 Desember, Siti Fauziah mengungkapkan rasa bangganya terhadap prestasi para atlet disabilitass.

Kepada para atlet disabilitas, Siti Fauziah juga berpesan agar para disabilitas jangan sampai rendah diri, meskipun terkendala fisik. Sebab menurutnya prestasi yang baik dan luar biasa bisa diraih siapa pun asal dibarengi dengan keinginan, motivasi serta kerja keras yang kuat.

Sementara itu, berbicara soal kalangan disabilitas, Melani berharap agar para penyandang disabilitas juga diperhatikan karena mereka merupakan bagian dari warga negara Indonesia yang haknya sama dengan warga negara lainnya.

"Terutama hak publik serta pelayanan publik untuk mereka mesti diperhatikan betul jangan sampai mereka kesulitan menggunakan layanan publik karena keterbatasan fisik mereka," imbuhnya.

Koordinator yayasan Cheshire Indonesia sekaligus aktivis disabilitas Indonesia Vincente Matiano, yang turut mendampingi para atlet dalam kunjungan itu, mengungkapkan prestasi mengungkapkan prestasi yang diraih kelima atlet tersebut.

Dia mengatakan Wiwin Andri adalah peraih medali emas cabang olahraga bulu tangkis, Nursad Ibrahim peraih medali perak cabang olahraga tenis meja, Hijrayanti peraih medali perak cabang olahraga bulu tangkis,  Rinto Djaelani peraih medali perunggu cabang olahraga tenis meja dan John Vaili peraih medali perunggu cabang olahraga panahan.(KR-MRA)

Pewarta: Maria Lisbet Hestica Pardosi
Editor: Jaka Sugiyanta
Copyright © ANTARA 2018