Jakarta (ANTARA News) - Kendaraan berjenis sport utility vehicle (SUV) menjadi primadona pada pameran Los Angeles (LA) Auto Show yang digelar 30 November hingga 9 Desember 2018.

SUV yang identik sebagai kendaraan berdesain maskulin dan tangguh, kini menjelma menjadi kendaraan multi fungsi yang nyaman, mewah, dan menerapkan teknologi terbaru.

Beberapa model SUV terbaru memang terlihat lebih ramping ketimbang model sebelumnya, namun menawarkan sisi fleksibilitas dan fitur keselamatan yang lebih lengkap.

Pada SUV masa kini, terdapat fitur pengingat untuk pengemudi yang mengantuk, mencegah mobil keluar jalur secara tiba-tiba, hingga rem otomatis yang memanfaatkan sensor kamera atau radar untuk menangkap benda penghalang di depan mobil.

Berikut SUV terbaru yang mencuri perhatian di LA Auto Show, dilansir AFP, Senin:

Jeep Gladiator

Jeep yang belum memproduksi truk pickup selama seperempat abad terakhir, akhirnya kembali ke segmen pickup kelas menengah melalui model Gladiator.

Jeep Gladiator merupakan pickup berbasis Wrangler yang memiliki dua baris kursi penumpang, dilengkapi bak barang yang bisa memuat dua unit sepeda motor.

Mobil itu mampu menarik bobot 7.650 pon dengan mesin 3.6 liter V6 yang mengeluarkan tenaga 285 HP. Di sisi lain, perusahaan belum merilis harga Gladiator.

Lincoln Aviator

SUV kelas menengah Lincoln Aviator hadir di LA Auto Show dengan sejumlah fitur canggih, misalnya dapat mendeteksi lubang di jalanan.

Suspensi mobil juga bisa disesuaikan apabila melewati medan jalan yang tidak rata.

SUV tiga baris kursi penumpang itu tersedia dalam versi penggerak hybrida electric, kendati pihak perusahaan belum mengumumkan harga mobil itu.
 
Lincoln Aviator (Lincoln Official)


Kia Soul

Pabrikan otomotif Korea Selatan, Kia melangsungkan debut untuk mobil crossover All-new Soul model 2020 di LA Auto Show. Kia Soul diklaim hadir dengan ruang bagasi yang lebih luas, serta sederet teknologi terbaru termasuk sistem bantuan pengemudi yang canggih.

Kia Soul varian baru yang dinamai Soul X-Line, akan melengkapi model yang sudah ada sebelumnya yakni LX, EX, S, GT-Line, serta mobil listrik Soul EV.

Mobil berbahan bakar bensin ini tersedia dalam dua pilihan mesin empat silinder antara lain 2.000cc naturally-aspirated dan mesin 1.600cc dengan tambahan turbocharged.
 
All New Kia Soul model 2020. (Kia Motors Global)


Hyundai Palisade

Hyundai Palisade merupakan SUV tiga baris yang mampu memuat delapan orang penumpang, dirancang untuk memenuhi kebutuhan mobilitas keluarga.

Mobil ini punya sistem yang bisa memantau hewan peliharaan atau anak kecil di bangku belakang. Fitur itu juga bisa memberikan peringatan ke ponsel pemilik apabila ada hewan yang tertinggal.
 
Hyundai Palisade (Hyundai Official)


Honda Passport

Honda memperkenalkan SUV terbaru bernama Passport yang memiliki bodi lebih besar dari Honda CR-V, namun lebih ramping ketimbang Honda Pilot.

Model yang kemungkinan akan dirilis untuk pasar Amerika itu memiliki tiga baris kursi penumpang dan diklaim memiliki kemampuan offroad.

Honda Passport akan memakai mesin V6 dengan tenaga 280 HP yang bisa menarik bobot hingga 5.000 pon saat menggunakan mode all-wheel drive.
 
Honda Passport (automobiles.honda.com)


Mazda 3

Kendati datang dari segmen sedan dan hacthback, All-New Mazda3 juga menjadi salah satu pusat perhatian di LA Auto Show.

Mobil itu masuk ke pasar global mulai 2019, dengan Amerika Utara sebagai market pertamanya.

"Mazda3 terbaru yang kami luncurkan hari ini memulai era baru untuk Mazda," kata Representative Director, President and CEO, Mazda Motor Corporation Jepang, Akira Marumoto, dalam keterangan tertulisnya.

Mazda3 baru mengadopsi Arsitektur Kendaraan Skyactiv-Mazda yang baru. Line-up powertrain terdiri dari SKYACTIV-X, SKYACTIV -G dan SKYACTIV -D terbaru, yang masing-masing memberikan kesigapan akselerasi dan kecepatan yang responsif dalam situasi berkendara apa pun.
 
All-New Mazda3 (ANTARA News/HO)


Baca juga: Bedanya membeli mobil mewah dari APM dan importir umum

Baca juga: Alfa Romeo dan Fiat terbaru masuk Indonesia tahun depan

Baca juga: Deretan SUV dan mobil listrik yang diperkenalkan di New York Auto Show
Pewarta:
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018