Jakarta (ANTARA News) - Libur akhir tahun ini mau pakai transportasi apa?

Apakah kamu termasuk ke dalam barisan orang yang kehabisan tiket kereta api dan memutuskan akan pergi dengan kendaraan pribadi atau sewa mobil?

Sekilas, pergi dengan kendaraan pribadi memang tampak lebih murah. Terlebih lagi, bagi kamu yang ingin menghadirkan pengalaman baru menjelajah luar kota dengan jalur darat. Kamu dapat berhenti sejenak, mengamati pemandangan, kemudian melanjutkan perjalanan kapan saja sesuai dengan keinginan.

Misalnya berkunjung ke kota Yogyakarta. Kota ini selalu menjadi destinasi favorit ketika libur natal dan tahun baru. Daerah Istimewa Yogyakarta tak hanya tentang Taman Sari. 

Banyak spot yang wajib masuk dalam referensimu. 

Namun, sebelum lebih jauh memilih destinasi wisata di Jogja, akan lebih sempurna bila kamu mempersiapkan 4 hal ini agar fisik kamu tetap sehat dan bugar sebelum menempuh perjalanan jauh ke luar kota:

Pertama, menjaga kondisi fisik.
Melakukan perjalanan jauh menuju luar kota tentu bisa menguras banyak tenaga. Jika tak ingin cepat lelah, cobalah untuk mengurangi barang bawaan. 

Saat berkemas, bawalah barang seperlunya seperti dompet, kamera, paspor, perlengkapan salat, dan pakaian yang dibutuhkan.

Dengan begitu, ransel dan koper kamu akan terasa lebih ringan.

Kamu juga bisa membawa tas kecil untuk digunakan saat berwisata. Jadi, kamu tak perlu lagi membawa koper atau ransel ke semua tujuan wisata. 

Selain mengurangi beban bawaan, cara ini akan mengurangi risiko berbahaya saat kamu membawa barang berlebihan.

Kedua, cermat memilih rute perjalanan.
Sebelum berangkat, pastikan juga kamu telah menentukan rute perjalanan untuk mencapai destinasi. 

Misalnya untuk mencapai kota Yogyakarta, kamu dapat memilih jalur utara maupun
selatan. 

Umumnya, wisatawan memilih jalur selatan melalui tol Brebes karena lebih banyak
pemandangan. Pemandangan indah perbukitan hingga sawah di sekitar Temenggung hingga Tasikmalaya tentu menambah keseruan perjalanan liburan kamu.

Tak hanya itu, selama perjalanan kamu pun bisa singgah ke tempat-tempat wisata yang
terdapat sebelum sampai di kota Jogja, seperti Dataran Tinggi Dieng, Gunung Seroja, dan mengakhiri perjalanan sebelum sampai di Jogja dengan melihat sunrise atau sunset dari Puncak Paralayang Pantai Parangtritis. 

Sangat menarik, bukan?

Ketiga, memilih rental mobil terpercaya.
Agar tidak kelelahan saat menempuh jarak jauh, memilih sewa mobil untuk perjalanan ke jogja merupakan pilihan yang tepat. 

Umumnya, mitra rental mobil akan menawarkan jasa pengemudi beserta paket bensin, tol dan penginapan untuk Sopir. Jasa ini sangat berguna untuk mengurangi kelelahan selama menempuh perjalanan luar kota.

Pastikan saat memilih rental mobil, pilihlah mitra rental mobil Jogja terpercaya untuk
menghindari kecurangan dan penipuan. Memilih mitra rental mobil melalui online travel agent (OTA) terpercaya bisa jadi pertimbangan. 

Manfaatkan fitur review dan rating yang tersedia di aplikasi OTA.

Keempat, siapkan perbekalan.
Saat dalam perjalanan jauh, membawa bekal makanan dan minuman dalam kendaraan
merupakan hal yang utama. Usahakan untuk tetap banyak minum – sesuai kebutuhan cairan setiap hari – untuk menghindari dehidrasi. 

Begitu pula dengan makanan ringan, sebaiknya kamu membawa banyak cemilan agar tidak ada gangguan pada lambung selama perjalanan.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar bisa tetap lancar traveling jarak jauh melalui jalur darat dengan menggunakan kendaraan pribadi atau rental mobil Jogja. 

Dengan perencanaan yang matang, traveling kamu pun akan berjalan lancar. Selamat merencanakan libur akhir tahun .
***2***

Pewarta: Jaka Sugiyanta
Editor: Jaka Sugiyanta
Copyright © ANTARA 2018