Jakarta (ANTARA News) - Pasangan selebriti Indonesia Nadine Chandrawinata dan Dimas Anggara menikmati bulan madu di Selandia Baru, termasuk road trip menggunakan campervan di pulau Selatan.
 
Perjalanan menggunakan campervan (biasa disebut dengan campervanning) memberi keleluasaan bagi para wisatawan untuk memutuskan kapan, di mana, dan bagaimana menikmati perjalanan.

Berikut tips menjelajahi Selandia Baru dengan menggunakan campervan seperti Nadine dan Dimas, dikutip dari siaran pers Tourism New Zealand, Rabu.
 
1. Punya Izin Mengemudi Internasional

Di Selandia Baru, Anda harus memiliki Izin Mengemudi Internasional/International Driving Permit (IDP) atau SIM dalam bahasa Inggris yang masih berlaku untuk dapat menyewa campervan dan mengemudi dengan legal. 

Jika SIM tidak dalam bahasa Inggris, bawa terjemahan Bahasa Inggrisnya atau mengurus IDP. 

Pelajari peraturan lalu lintas Selandia Baru dengan mengambil tes ini sebelum berangkat untuk pengalaman berkendara yang aman dan menyenangkan selama berlibur.
 
2. Cari tahu tipe campervan yang dibutuhkan

Pilih campervan yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda untuk dapat bepergian dengan nyaman. 

Secara umum, ada tiga jenis campervan yang tersedia di Selandia Baru: camper car, campervan, dan motorhome. 

Camper car adalah jenis terkecil dari campervan yang hanya menyediakan area tempat tidur dan tempat duduk, sementara campervan -- pilihan paling populer untuk wisatawan  -- memiliki ruang yang lebih luas untuk menyediakan dapur, toilet, serta tempat penyimpanan bagasi. 

Jika prioritas Anda adalah tingkat kenyamanan yang tinggi, coba sewa motorhome, seperti yang dipakai Nadine dan Dimas ketika perjalanan bulan madu mereka.

Lebih besar dan lebih luas, Motorhome tidak hanya memiliki fasilitas utama yang lengkap, namun juga tangki air dan sistem daur ulang air (grey water).
 
 3. Cari tahu tempat berkemah di Selandia Baru

Selandia Baru memiliki lebih dari 500 lokasi berkemah bebas secara bertanggung jawab (responsible camping) dengan berbagai pemandangan yang indah. 

Namun, lebih baik jika Anda mengunjungi pusat informasi setempat atau situs Freedom Camping website sebelumnya, karena masing-masing lokasi memiliki peraturan berkemah yang berbeda.

Baca juga: Inspirasi bulan madu dari Nadine Chandrawinata-Dimas Anggara
 
4. Rencanakan rute

Hindari perubahan pada menit-menit terakhir di tengah perjalanan dengan melakukan riset menyeluruh mengenai tempat-tempat yang ingin dikunjungi, serta waktu terbaik untuk melakukan perjalanan tersebut. 

Selain itu, coba cari perhentian atau tempat istirahat yang dapat memberikan pemandangan terbaik.
 
5. Rawat campervan

Jaga campervan agar tetap bersih dan nyaman dengan mengosongkan wastewater di sarana pembuangan khusus. 

Sarana ini banyak ditemukan di tempat perkemahan, tetapi Anda juga bisa menemukannya di beberapa tempat umum lainnya seperti tempat parkir mobil. 

Membuang sampah dapat menghindari bau tidak sedap di campervan dan membantu mengurangi konsumsi bahan bakar Anda.
 
Perhatikan juga indikator tangki bensin. Supaya aman, segera penuhi tangki bensin ketika sudah tinggal setengah. Jangan menunggu sampai hampir kosong karena pom bensin yang banyak ditemukan di kota-kota besar jarang tersedia di kota-kota kecil atau di sepanjang perjalanan antar kota.

Baca juga: Bulan madu Nadine-Dimas, cacing bercahaya hingga terjun payung
 
6. Rencanakan konsumsi

Selain merencanakan rute, penting juga untuk merencanakan konsumsi, baik itu barbeque di tepi pantai, piknik di taman, atau makan di restoran. 

Dengan demikian, Anda dapat memperkirakan bahan-bahan yang harus disiapkan atau dibeli, sehingga waktu makan menjadi lebih menyenangkan di Selandia Baru. Jangan lupa berhenti di swalayan untuk membeli berbagai kudapan ringan apabila mendadak lapar di perjalanan.
 
7. Tetap waspada

Penduduk Selandia Baru yang ramah akan membuat Anda merasa diterima dan aman, tetapi tidak ada salahnya untuk selalu waspada terhadap situasi apa pun. 

Nomor darurat untuk kebakaran, ambulans, dan polisi adalah 111. Jangan takut untuk meminta pertolongan dari penduduk setempat bila dibutuhkan.

Baca juga: Sebelum bertemu Dimas, Nadine sudah berencana bulan madu di Selandia Baru

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2018