Jakarta (ANTARA News) - Komunitas pengguna Toyota Kijang Innova (Innova Community/IC) menggelar kopdar akbar bertajuk "Innova Community Peduli Literasi dan Lingkungan 2018" di Bromo dan Malang, Jawa Timur, dengan melibatkan Basarnas untuk memberikan penyuluhan terkait bencana gempa.

Acara yang digelar 17-20 November 2018 itu menghadirkan perwakilan Basarnas Surabaya untuk menjelaskan tindakan yang harus dilakukan ketika terjadi gempa bumi.

"Saya sangat senang dengan adanya sosialisasi kebencanaan dari Basarnas. Kami mendapat banyak pelajaran mengenai bencana alam. Ini sangat berguna sekali bagi kita semua. Saya harap bisa diadakan rutin pada kegiatan IC kopdar akbar selanjutnya", kata Adrian P Putra seorang peserta dari Palembang, dalam keterangan tertulis IC, Selasa.

Kegiatan di Bromo diawali dengan konvoi menuju Penanjakan 1 untuk menikmati matahari terbit di antara Gunung Bromo, kemudian berlanjut ke Pura dan Kawah Bromo serta membersihkan sampah plastik di area wisata itu. Kegiatan di Bromo ditutup penyerahan keranjang sampah ke pihak Pengelola Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dan pihak Desa Ngadisari, Probolinggo.  

Kopdar ini diikuti 327 anggota IC bersama keluarga yang melibatkan 20 chapter dari Jabodetabek, Jawa dan Sumatera. Secara total, kegiatan ini melibatkan 99 unit mobil Innova.

Beberapa hari sebelum keberangkatan, peserta mendapatkan dukungan servis di bengkel resmi Toyota dari masing-masing kota antara lain Auto 2000, Tunas Toyota dan Nasmoco.

Baca juga: Cara Innova Community rayakan hari jadi ke-12

Pada hari pertama, kopdar akbar itu diawali servis bareng di area event menggunakan tiga mobil Toyota Home Service dari tiga cabang Auto2000 Malang, kemudian dilanjutkan pemaparan soal perawatan kendaraan.

Setelah itu, Pengurus Pusat Innova Community menobatkan Chapter AG Raya sebagai chapter paling aktif dalam menggelar kegiatan sosial dalam 1 tahun terakhir.

Panitia juga memberikan penghargaan kepada Chapter AG Raya sebagai chapter paling banyak mengirimkan peserta dan Chapter Palembang  sebagai chapter terjauh yang hadir menggunakan mobil dari jalur darat.

Ada juga deklarasi chapter Solo Raya dan Jawa Timur, sebelum ditutup dengan terpilihnya Chapter Cilacap-Purwokerto sebagai tuan rumah Kopdar Akbar Jawa 2019.

"Dengan adanya Kopdar Akbar Jawa dan CSR yang rutin dilaksanakan tiap tahun, kami harapkan bisa mempererat hubungan persaudaraan antarmember Innova Community, dan berguna bagi anggota, lintas komunitas, masyarakat dan lingkungan", kata Ketua Umum Innova Community Pusat Nugraha Reza.

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018