Jakarta (ANTARA News) - Mitsubishi Motors Corp mengumumkan pada Senin bahwa dewan direksi telah memecat Carlos Ghosn sebagai pimpinan, menyusul pemecatannya dari Nissan Motor Co pekan lalu karena dugaan pelanggaran keuangan.

Penggulingan Ghosn menandai berakhirnya kepemimpinan pria Prancis itu di produsen mobil Jepang, hanya dua tahun setelah dia dipuji karena perannya di Mitsubishi Motors menyusul skandal kecurangan pada tahun 2016.

CEO Osamu Masuko akan menjadi pemimpin sementara, kata perusahaan tersebut.

Nissan menggulingkan Ghosn pada pertemuan pimpinan Kamis (22/11), atas tuduhan mengecilkan penghasilannya dan menggunakan uang perusahaan untuk pribadi.

Ghosn membantah tuduhan itu, NHK melaporkan pada Minggu (25/11).

Nissan memegang 34 persen saham pengendali di Mitsubishi Motors dan memiliki dua eksekutif di pucuk pimpinan.

Sementara produsen mobil tersebut menekankan bahwa operasi dan bisnis berjalan seperti biasa, Nissan telah menunda peluncuran mobil listrik Leaf-nya yang berperforma tinggi "untuk memastikan bahwa peluncuran produk penting ini dapat menerima cakupan yang layak", kata seorang juru bicara Nissan.

Saham Mitsubishi Motors ditutup naik 3,3 persen menjelang pengumuman sementara Nissan naik 1,8 persen, mengalahkan kenaikan 0,8 persen pasar yang lebih luas.

Baca juga: Carlos Ghosn sangkal tuduhan kepada jaksa

Baca juga: Bela Carlos Ghosn, mantan eksekutif Nissan sebut demi kebaikan perusahaan

Baca juga: Perbandingan gaji Carlos Ghosn dengan bos otomotif dunia

Baca juga: Jika terbukti bersalah, Carlos Ghosn terancam 10 tahun penjara
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2018