Secara pribadi, saya sangat bangga terhadap kemampuan yang dimiliki Ahmad Sobandi. Kita akan menyiapkan kebutuhan penunjang untuk membuat robot tersebut, seperti perangkat komputer untuk menguji hasil buatannya atau untuk mencari inovasi lainnya
Purwakarta, Jabar (ANTARA News) - Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika siap membantu fasilitas  bagi  Ahmad Sobandi, pemuda disabilitas yang mampu membuat robot dari barang bekas.

"Kita akan menyiapkan kebutuhan penunjang untuk membuat robot tersebut, seperti perangkat komputer untuk menguji hasil buatannya atau untuk mencari inovasi lainnya," katanya di Purwakarta, Jawa Barat, Minggu.

"Secara pribadi, saya sangat bangga terhadap kemampuan yang dimiliki Ahmad Sobandi," tambahnya.

Ia berniat akan menyalurkan hobi dan bakat yang dimiliki Ahmad Sobandi, karena pemuda jenius seperti Ahmad Sobandi harus mendapatkan bimbingan dari pemerintah daerah setempat.

Karena itu, bupati akan meminta seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Purwakarta agar mengumpulkan limbah elektronik yang sudah tidak terpakai.

"Semua barang-barang elektronik yang sudah tidak terpakai itu nantinya bisa digunakan oleh Ahmad untuk membuat robot," katanya.
 

Ibu Ahmad Sobandi, Encin Kuraesin mengatakan, kemampuan anaknya yang berusia 28 tahun itu muncul secara otodidak. Awalnya ia rajin mengumpulkan besi dari payung sebagai bahan untuk membuat robot.

Robot ciptaan pria dari Desa Cilegong, Kecamatan Jatiluhur, Purwakarta tersebut berbentuk laba-laba. Untuk sumber energi robot tersebut, Ahmad menggunakan baterai bekas telepon genggam.

Baterai tersebut bisa diisi ulang menggunakan charger baterai yang sama. Sejauh ini, ia berhasil membuat lima buah robot.

Baca juga: Apple usulkan emoji untuk penyandang disabilitas
Baca juga: Ingin jadi astronot, pemuda penyandang disabilitas ini ikuti SBMPTN di ITB
Baca juga: UU Disabilitas makin lindungi penyandang disabilitas

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2018