Tokyo (ANTARA News) - Calon pimpinan baru Nissan akan diumumkan dalam satu hingga dua bulan ke depan, sebelum rapat dewan komisaris pada 20 Desember, menurut sumber anonim setelah Carlos Ghosn dilengserkan dari posisi pimpinan pada Kamis (22/11), dilansir Reuters, Jumat.

Pencalonan akan dilakukan oleh komite penasihat yang baru dibuat oleh perusahaan Jepang, mencakup tiga direktur independen perusahaan.

Ketua baru akan memegang jabatan "sementara" sampai pertemuan pemegang saham Nissan berikutnya. Tidak ada keputusan untuk menggelar pertemuan pemegang saham luar biasa, kata sumber itu menambahkan.

Adapun pertemuan reguler Nissan berikutnya akan dihelat pada Juni 2019.

Baca juga: Jika terbukti bersalah, Carlos Ghosn terancam 10 tahun penjara

Komite khusus lain yang dikomandoi para direktur independen akan merancang perbaikan tata kelola berdasarkan saran pihak ketiga, kemudian mengusulkan pembentukan komite nominasi yang memilih ketua tetap, kata sumber itu.

"Ini ada dua tahap proses," kata sumber itu. "Pertama kami harus memutuskan ketua sementara secepat mungkin."

Di sisi lain, Nissan belum mengeluarkan komentar terkait calon pimpinan baru setelah mengumumkan pencopotan Ghosn pada Kamis kemarin.

Para dewan Nissan memutuskan dengan suara bulat untuk melengserkan Ghosn, yang ditangkap Senin (19/11) atas tuduhan pelanggaran keuangan antara lain mengecilkan penghasilan dalam laporan keuangan serta memakai dana perusahaan untuk kepentingan pribadi, demikian Reuters.

Baca juga: Berapa penghasilan Carlos Ghosn yang tidak dilaporkan?

Penerjemah: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2018