Karawang (ANTARA News) - Toyota berada di posisi teratas pada ASEAN New Car Assesment Program (NCAP) GrandPrix Award 2018 yang digelar setiap dua tahun sekali.

Toyota dinobatkan sebagai yang terbaik karena paling banyak mendapatkan penilaian tertinggi atau 5 bintang NCAP terkait fitur keselamatan pengemudi dan penumpang pada mobil-mobil baru dalam dua tahun berturut-turut 2017-2018
 
Pada ajang yang digelar bersamaan dengan ASEAN Automobile Safety Forum ke-10 di Karawang, Jawa Barat pada 13-15 November 2018, dua produk Toyota, Vios dan Rush, mendapat ASEAN NCAP Excellent Award untuk Continous Safety Improvement.

Vios dinilai serius meningkatan perlindungan keselamatan karena pada 2018 berhasil rating bintang 5, setelah mendapat bintang 4 pada 2012. Rush pada 2018 juga meraih rating 5 bintang NCAP setelah pada 2014 memperoleh rating bintang 4.

Sementara Toyota C-HR yang baru diluncurkan di Indonesia awal tahun ini, meraih ASEAN NCAP untuk kategori Best Adult Occupant Protection (AOP) Award dengan rating penilaian 5 bintang setelah pada Mei 2018 juga mendapat penilaian tertinggi untuk kategori perlindungan pengemudi dan penumpang anak-anak (Child Occupant Protection/COP).

"Kami bersyukur, apa yang kami lakukan tersebut mendapat apresiasi yang tinggi dari berbagai kalangan termasuk dari ASEAN NCAP. Memberikan perlindungan keselamatan yang optimal bagi pengemudi dan penumpang mobil adalah wujud semangat kami menghadirkan Ever Better Cars kepada pelanggan," kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto, dalam keterangannya Kamis malam.

Baca juga: ASEAN NCAP ajang APM unjuk teknologi keselamatan

New Car Assessment Program (NCAP) merupakan program penilaian terhadap perlindungan keselamatan bagi pengemudi dan penumpang dari sebuah mobil baru.

ASEAN NCAP GrandPrix Award yang dilakukan setiap dua tahun sekali bertujuan memberikan penghargaan kepada pabrikan yang memperhatikan aspek keselamatan dari mobil-mobil yang dipasarkan di Kawasan ASEAN.

Selain penilaian terhadap kendaraan (vehicle assesment), ASEAN NCAP Grand Prix juga menilai keunggulan riset dan penerapan teknologi keselamatan yang dilakukan serta diterapkan untuk mobil-mobil nominasi.

Serangkaian uji tabrak (crash test) dilakukan terhadap mobil-mobil nominasi untuk mengetahui tingkat perlindungan terhadap keselamatan pengendara dan penumpang dewasa (AOP), pengendara dan penumpang anak-anak (COP), serta kelengkapan perangkat pendukung  keselamatan (safety assist) yang dimiliki.

Pada 2016, lima mobil Toyota mendominasi perolehan penghargaan ASEAN NCAP Grand Prix untuk kategori Vehicle Assesment Award antara lain Toyota Agya, Rush, Toyota Sienta, Kijang Innova Best COP, serta Hilux.

Baca juga: Menjajal teknologi keselamatan ESP Bosch



 

Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018