Jakarta (ANTARA News) - Volkswagen AG dan Ford Motor Co tengah melakukan pembicaraan terkait kemungkinan kerjasama untuk mengembangkan kendaraan swakemudi dan listrik dalam sebuah aliansi strategis yang luas, yang dimaksudkan untuk menyelamatkan miliaran dolar uang perusahaan, menurut seseorang yang akrab dengan masalah ini.

Produsen mobil asalJerman dan AS itu diperkirakan akan memberikan informasi terbaru tentang kemajuan pembicaraan sebelum akhir tahun, kata orang itu, yang meminta agar identitasnya tidak dipublikasi. 

Juru bicara dari kedua pabrikan mobil hanya akan mengulangi apa yang mereka katakan sebelumnya tentang kolaborasi perusahaan dalam pengembangan kendaraan komersial.

“(Memorandum of understanding) kami dengan Volkswagen mencakup percakapan tentang kolaborasi potensial di sejumlah bidang. Terlalu dini untuk membagikan detail tambahan saat ini, ”kata juru bicara Ford Alan Hall dalam email, seperti dikutip Reuters, Kamis. 

Produsen mobil global lainnya saat ini juga sedang berdiskusi untuk berbagi biaya pengembangan kendaraan otonom dan listrik.

Honda Motor Co bulan ini mengatakan akan menginvestasikan 2,75 miliar dolar AS dan mengambil saham di unit kendaraan swakemudi General Autom Co Cruise Automation untuk bersama-sama mengembangkan kendaraan otonom.

Volkswagen dan Ford berada di bawah tekanan untuk meluncurkan lebih banyak mobil listrik di Eropa, di mana aturan emisi sedang diperketat menyusul skandal polusi emisi Volkswagen.

Chief Financial Officer Volkswagen Frank Witter pada hari Selasa mengatakan bahwa pihaknya terbuka untuk beraliansi dengan perusahaan luar, terutama di bidang kendaraan otonom.

Witter mengatakan berbagi platform MEB (platform mobil listrik milik Volkswagen) dengan Ford secara teoritis dimungkinkan, meskipun Volkswagen saat ini tengah fokus untuk meluncurkan teknologi kendaraan listrik di antara mereknya sendiri.

Para pejabat Volkswagen telah berulang kali menekankan bahwa satu-satunya cara membuat mobil listrik untuk produksi massal adalah melalui skala ekonomi yang menjadikannya lebih murah dibanding kendaraan diesel.

Volkswagen Group menginvestasikan 34 miliar euro untuk mobil listrik dan mobil swakemudi pada tahun 2022, dan berencana untuk membuat 2 juta hingga 3 juta mobil listrik baterai penuh pada tahun 2025. Proyek MEB Volkswagen sudah termasuk 50 miliar euro dalam pengadaan sel baterai pada tahun 2025.

Para eksekutif Ford dan sumber lain sebelumnya mengatakan kepada Reuters bahwa kedua produsen mobil itu sedang berbicara tentang perluasan aliansi produk dan teknologi.

Volkswagen dan Ford sudah menjadi bagian dari usaha patungan, dijuluki IONITY, dengan BMW AG dan Daimler AG untuk mengembangkan jaringan stasiun pengisian daya mobil listrik yang ultra cepat di seluruh Eropa.

Pada bulan Juli, Ford menciptakan unit terpisah senilai 4 miliar dolar AS untuk mengoperasikan kendaraan swakemudi dan mencari investor luar dengan langkah yang serupa yang dibuat oleh General Motors dengan Cruise.


Ford mengatakan langkah berikutnya yang akan dilakukan adalah menginvestasikan 4 miliar dolar AS hingga 2023 di Ford Autonomous Vehicles LLC yang baru terbentuk, termasuk 1 miliar dolar AS yang sebelumnya telah dialokasikan untuk Argo AI, startup swakemudi berbasis di Pittsburgh yang diakuisisi Ford pada tahun 2017.

Baca juga: Ford lakukan pembicaraan dengan VW dan Mahindra untuk pangkas biaya
Baca juga: VW bangun pabrik berstandar Industri 4.0 di China

Penerjemah: Fathur Rochman
Copyright © ANTARA 2018