Jakarta (ANTARA News) - Indonesia dan Rusia menyepakati peningkatan nilai perdagangan dan investasi kedua negara melalui forum Sidang Komisi Bersama (SKB) Indonesia-Rusia ke-12, bidang ekonomi, perdagangan, dan teknik.

Kesepakatan peningkatan kerja sama tersebut dilakukan setelah pembicaraan antara Menko Perekonomian Indonesia Darmin Nasution dengan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Rusia Denis Mantorov dalam forum SKB ke-12, di Moskow, Rusia, Jumat (26/10).

"Saya dan Menteri Denis Manturov telah bersepakat untuk bersama-sama menyusun langkah strategis guna meningkatkan nilai perdagangan dan investasi di masa mendatang, sehingga hubungan ekonomi kedua negara semakin meningkat. Rusia merupakan salah satu mitra penting Indonesia," kata Darmin Nasution, seperti dikutip melalui siaran pers dari KBRI Moskow, yang diterima di Jakarta, Sabtu.
 
Menurut Darmin Nasution, dalam forum SKB ke-12 membicarakan kerja sama di beberapa bidang, seperti perdagangan, industri, investasi, energi, termasuk energi nuklir untuk tujuan damai, transportasi dan infrastruktur, teknologi informasi dan telekomunikasi, perbankan dan keuangan, hingga antariksa. 

Dalam forum tersebut, kata dia, dibahas juga kerja sama di bidang kebudayaan dan pariwisata, ilmu pengetahuan dan pendidikan, kesehatan, kelautan, perikanan dan pertanian, standarisasi, serta kerja sama antara kota/provinsi dan kamar dagang kedua negara.
 
Pada pertemuan SKB ke-12 tersebut, Darmin Nasution menekankan pentingnya perluasan akses pasar bagi produk dan komoditas pertanian dan perikanan Indonesia ke Rusia, serta peningkatan investasi Rusia di Indonesia khususnya di bidang infrastruktur dan energi. Darmin Nasution juga menggarisbawahi perlunya percepatan negosiasi perdagangan bebas Indonesia dengan Eurasian Economic Union (EAEU).
 
SKB merupakan salah satu mekanisme peningkatan kerja sama bilateral Indonesia dan Rusia. Pada SKB ke-12 ini Delegasi Indonesia dipimpin oleh Menko Perekonomian Darmin Nasution didampingi Duta Besar RI untuk Rusia merangkap Belarus, Muhammad Wahid Supriyadi dan para anggota delegasi dari berbagai lembaga pemerintah, antara lain Kementerian Luar Negeri, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Perindustrian, Bank Indonesia, beberapa BUMN, seperti Antam dan PLN, serta KADIN. Sedangkan, Delegasi Rusia dipimpin Menperindag Denis Manturov didampingi para pejabat Pemerintah terkait dan pelaku bisnis.
 
SKB ke-12 diselenggarakan di Moskow, pada 25-26 Oktober 2018. Forum SKB didahului dengan pertemuan kelompok kerja bidang energi, perbankan dan keuangan, pertemuan tim ahli, pertemuan bilateral Menko Darmin Nasution dengan Menteri Denis Manturov, dan sidang pleno sebagai acara puncaknya. Sebelumnya telah diselenggarakan juga pertemuan kelompok kerja bidang perdagangan, investasi dan industri, transportasi dan infrastruktur.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018