Pertumbuhan ekonomi mengalami 'leap frog' sehingga menempatkan Indonesia ke dalam 10 besar negara-negara di dunia, bahkan bisa 5 besar
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Koordinator Bidang Ekonomi Partai Golkar, Aziz Syamsudin memperkirakan ekonomi Indonesia bisa masuk 10 besar negara di dunia pada 20 tahun mendatang digerakan empat pilar yakni industri, teknologi, inovasi, dan sumber daya manusia.
    
"Empat pilar ini akan membuat pertumbuhan ekonomi mengalami 'leap frog' sehingga menempatkan Indonesia ke dalam 10 besar negara-negara di dunia, bahkan bisa 5 besar," kata politisi senior ini di Jakarta, Selasa, saat menyampaikan laporannya selaku Ketua Panitia Penyelenggara HUT Partai Golkar ke-54.
    
Azis yang juga menjabat sebagai Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR-RI ini  mengingatkan transformasi ekonomi telah terjadi di mana-mana, serta berlangsung di semua sektor, baik industri manufaktur, trasnportasi, jasa, hingga sekor pendidikan dan pelayanan kesehatan. 
    
"Kita harus menyadarkan masyarakat, khususnya kaum muda, diantaranya dengan mendorong peningkatan pendidikan dengan kemampuan menerapkan life-long learning, dan sebagainya," katanya.
    
Senada hal tersebut, Ketua Komite Organisasi peringatan HUT Partai Golkar yang ke-54 Heru Dewanto mengatakan tema acara HUT Partai Golkar kali ini sejalan dengan pesan kesiapan menghadapi perubahan teknologi sesuai amanat dalam pidato Presiden Joko Widodo. 
    
HUT Partai Golkar yang ke-54 mengangkat tema “Bersama Rakyat, Kita Rebut Kemenangan Pemilu 2019” dalam acara puncaknya  dihadiri oleh Presiden Joko Widodo bertempat di Hall D, Jakarta International Expo Kemayoran Jakarta Utara, Minggu (21/10) 
     
Presiden dalam sambutannya meminta agar Partai Golkar dapat terus berkarya dan  turut berkontribusi  mengatasi perubahan-perubahan dan tantangan-tantangan perkembangan dunia yang semakin cepat.
    
“Mari isi kehidupan politik dengan politik bekerja untuk membangun sumberdaya manusia Indonesia sehingga kemajuan Bangsa Indonesia bisa benar-benar terwujud,” kata Presiden Joko Widodo.
     
Presiden juga berpesan revolusi industri 4.0 hampir menyentuh semua bidang, dan mengubah landscape ekonomi, sosial, budaya, dan politi. Pemenang kompetisi ditentukan dari kecepatan dalam merespon perubahan..
    
Sedangkan  Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengibaratkan partai yang dipimpinnya  seperti film Hollywood, Transformers.
    
"Untuk menjelaskan sejarah dan perjalanan Partai Golkar, film yang tepat sebagai ilustrasi barangkali adalah sebuah film Hollywood yaitu Transformers. Partai Golkar penuh transformasi, sejak orde reformasi, Golongan Karya bertransformasi menjadi Partai Golkar. 20 Tahun pasca reformasi Golkar makin solid. Dengan datangnya Pemilu tahun depan, Partai Golkar merapatkan barisan, meningkatkan soliditas, meneruskan regenerasi kepemimpinan, serta menyusun strategi yang jitu untuk mencapai dua tujuan sekaligus, yaitu sukses dalam Pileg, serta sukses dalam Pilpres untuk mendorong kemenangan pasangan Jokowi-Amin,” kata Airlangga Hartarto yang juga Menteri Perindustrian RI. 
    
Sejak Presiden meluncurkan Making Indonesia 4.0 pada bulan April lalu, Indonesia selalu masuk dalam pembicaraan terkait dengan rencana Indonesia untuk melakukan 'leap frog' terhadap ekonominya melalui implementasi Making Indonesia    
    
Heru Dewanto juga menyampaikan, selain dihadiri Presiden Joko Widodo, hadir dalam puncak HUT Golkar  Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri,  sejumlah pejabat tinggi pemerintah, pengurus DPP Partai Golkar, tokoh senior partai, para pimpinan dari partai-partai politik lain, dan para pemimpin senior bangsa.

Baca juga: Partai Golkar seperti Transformers

Pewarta: Ganet Dirgantara
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2018