Jakarta (ANTARA News) - Volkswagen Group kembali memproduksi mobil merek SEAT di Jerman, dengan merakit SEAT Tarraco di pabrik Wolfsburg, di mana model SEAT Arosa pernah diproduksi pada 1996 hingga 1998.

SEAT merupakan brand Spanyol yang juga anak usaha Volkswagen Group, berkantor pusat di Barcelona, dan 80 persen produknya diekspor ke 80 negara di lima benua.

Kembalinya produksi SEAT di pabrik Wolfsburg, menurut Direktur Produksi dan Logistik Volkswagen Andreas Tostmann dalam pernyataan resminya, dikutip Senin, merupakan contoh bahwa semua pabrik grup Volkswagen memungkinkan untuk memproduksi beberapa merek dalam waktu bersamaan di masa mendatang.

Meskipun diproduksi di pabrik Wolfsburg, SEAT Tarraco dirancang dan dikembangkan di Spayol oleh SEAT. “Itu memperkuat hubungan yang sudah dekat antara SEAT dan Volkswagen, bahkan lebih lagi,” kata Wakil Presiden Eksekutif SEAT Matthias Rabe.

Ini merupakan kali kelima pabrik utama Volkswagen di Wolfsburg menghasilkan model untuk merek lain dalam grup. Sebelum Tarraco, model SEAT Arona sudah meluncur dari jalur produksi di Wolfsburg pada akhir 1996 hingga 1998.

Selain itu, karyawan Volkswagen di Wolfsburg juga menghasilkan Audi 50 dari 1974 hingga 1978, Audi 80 dari 1994 hingga 1998 dan Audi 100 dari 1993 hingga 1997. Audi 50 sangat identik dengan Polo, yang dirakit di Wolfsburg sejak 1975 dan sekarang diproduksi di pabrik Pamplona di Spanyol.

Audi 50 dan Polo adalah mobil kecil Jerman pertama dengan mesin melintang dan penggerak roda depan.
 

Baca juga: VW bangun pabrik berstandar Industri 4.0 di China
Baca juga: Volkswagen gandeng Microsoft sediakan layanan digital
Pewarta:
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2018