Musik ini kan masalah pembangunan SDM, dimulai dari bagaimana pemetaan industri musik di Indonesia dan global. Developing public atau penonton dan marketing juga tidak boleh ditinggalkan,
Ambon (ANTARA News) - Musisi dan komponis Dwiki Dharmawan mengatakan untuk menjadikan Ambon sebagai kota musik dunia diperlukan edukasi sumber daya manusia insan musik, infrastruktur, dan pertunjukan musik secara intensif.

"Kesiapan adalah salah satu yang perlu ditingkatkan, seperti infrastruktur dan fasilitas di bidang musik, kemudian edukasi juga perlu ditingkatkan dan event musik tentunya," kata dia di Ambon, Sabtu.

Dwiki Dharmawan berada di Ambon untuk penyelenggaraan program konferensi musik Musikologi Series digelar Badan Ekonomi Kreatif didukung Yayasan Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards pada 20 Oktober 2018.

Menurut Dwiki yang juga Ketua Umum Yayasan AMI Awards, membangun kota musik berkaitan dengan pembangunan SDM.

Untuk menjadikan Ambon sebagai kota musik harus dimulai dari pemetaan industri musik di Tanah Air dan global.

Tidak hanya masalah regulasi yang mendukung peningkatan industri musik, kata dia, faktor edukasi kepada insan musik menjadi bagian penting, karena mereka perlu diperkenalkan dengan proses kerja industri musik dan bagaimana meningkatkan kapasitas.

Untuk lebih konprehensif, kata dia, selain edukasi, pertunjukan musik juga harus rutin digelar, baik yang bersifat reguler maupun pertunjukan spesial.

Ia mengatakan hal yang tak kalah penting adalah kesiapan di sektor infrastrukur atau fasilitas.

"Musik ini kan masalah pembangunan SDM, dimulai dari bagaimana pemetaan industri musik di Indonesia dan global. Developing public atau penonton dan marketing juga tidak boleh ditinggalkan," ucapnya.

Terkait dengan peningkatan kapasitas para insan musik di Ambon, pihaknya mendukung apa yang dilakukan Bekraf dengan menghadirkan sejumlah pakar musik, termasuk yang membidangi manajemen artis, produksi, pemasaran, hingga penerbitan karya musik.

"Terima kasih untuk Ambon, di AMI Awards 2018 yang ke-21 ada puluhan peserta dari Ambon yang sudah teregistrasi ikut AMI Awards, sekitar 30 sampai 40 orang, ada beberapa yang masuk nominasi untuk kategori musik berbahas daerah," katanya.




Baca juga: Dwiki Dharmawan buktikan musik Dayak layak mendunia

Pewarta: Shariva Alaidrus
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2018