Nusa Dua (ANTARA News) - Panitia Nasional Pertemuan Tahunan IMF-WBG 2018 dan Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde  akan mengunjungi Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada Senin (8/10) untuk meninjau lokasi terdampak bencana gempa.

"Panitia Nasional akan pergi ke Lombok dan akan meninjau lokasi bencana dan memberikan bantuan. Madam Lagarde juga akan pergi untuk menyaksikan, ia secara khusus datang untuk memberikan perhatian," kata Kepala Unit Kerja Pertemuan Tahunan IMF-World Bank Group 2018, Peter Jacobs di Nusa Dua, Bali, Minggu.

Solidaritas untuk Lombok rencananya akan dilakukan di Kabupaten Lombok Barat dan dihadiri oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, dan Christine Lagarde.

Peter menegaskan bahwa negara-negara yang menjadi peserta Pertemuan Tahunan IMF-WBG 2018 berinisiatif untuk memberikan bantuan untuk daerah-daerah di Indonesia yang baru-baru ini mengalami bencana.  

Ia menyebutkan ada beberapa negara yang sudah menyatakan akan memberikan donasi untuk membantu pemulihan pascabencana.

"Tapi nantilah kami umumkan negara-negara mana dan berapa jumlahnya," ujar Peter.

Ia juga menegaskan bahwa selama pelaksanaan Pertemuan Tahunan IMF-WBG 2018 tidak dilakukan acara penggalangan dana untuk korban bencana, melainkan inisiatif dari beberapa negara untuk membantu.

"Ini inisiatif negara-negara lain, kami tidak ada inisiatif khusus. Kami memberikan kesempatan siapa yang mau berbuat sesuatu," ujar Peter.

Baca juga: Menkeu: Pertemuan IMF-WB juga bahas perlindungan terumbu karang

Pewarta: Calvin Basuki
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2018