Jakarta (ANTARA News) - Merek mobil mewah Jerman, Audi, menggelar peluncuran global mobil sport listrik terbarunya di wilayah asal sang kompetitor Tesla Inc, dan menyoroti kesepakatan dengan Amazon.com Inc untuk membuat pengisian ulang model E-Tron untuk lebih mempermudah pengguna.

SUV listrik E-Tron tersebut akan ditawarkan di Amerika Serikat tahun depan dengan harga mulai 75.795 dolar AS sebelum kredit pajak 7.500 dolar AS. Ini adalah salah satu dari rentetan kendaraan listrik yang berasal dari merek Volkswagen AG, serta merek premium Eropa lainnya termasuk Mercedes-Benz, BMW, Volvo Cars dan Jaguar Land Rover.

Semua bertujuan untuk memperluas pasar kendaraan listrik premium dan juga untuk merebut pangsa pasar itu dari Palo Alto, Tesla yang berbasis di California.

"Saya ingin Audi menjadi penjual kendaraan listrik nomor satu di Amerika dalam jangka panjang," kata Presiden Audi of America Scott Keogh kepada Reuters dalam sebuah wawancara pada hari Senin (17/9) waktu setempat.

CEO Tesla Elon Musk, yang juga kepala perusahaan roket SpaceX, berencana menandai acara peluncuran E-Tron dengan menggelar acara SpaceX di Los Angeles pada waktu yang hampir bersamaan pada Senin malam saat Audi mengumumkannya.

Audi dan induknya Volkswagen menggunakan peluncuran SUV E-Tron AS pada pertengahan 2019 untuk membidik satu hambatan untuk memperluas penjualan kendaraan listrik, yakni masih kurangnya cara mudah untuk mengisi ulang baterai mereka.

Audi akan bermitra dengan pengecer online Amazon untuk menjual dan memasang sistem pengisian kendaraan listrik rumah kepada pembeli E-Tron, perusahaan mengatakan pada hari Senin. Amazon akan mengirimkan perangkat keras dan mempekerjakan teknisi listrik untuk menginstalnya melalui operasi Amazon Home Services.

Kemitraan Amazon dengan Audi untuk menyediakan sistem pengisian rumah adalah yang pertama kalinya pengecer online telah mencapai kesepakatan dengan produsen mobil, dan memberi isyarat baru ke depan dalam upaya Amazon untuk memperluas jangkauannya ke rumah konsumen di luar kehadiran pembicara cerdas Alexa di ruang keluarga dan dapur.

“Kami melihat pengisian instalasi sebagai bisnis yang sangat penting,” kata Pat Bigatel, direktur Amazon Home Services, kepada Reuters pada acara peluncuran Audi di San Francisco Bill Graham Civic Center.

Eksekutif Audi mengatakan stasiun pengisian rumah akan menelan biaya sekitar  1.000 dolar AS, tergantung pada sistem listrik rumah.

Tesla menawarkan konektor dinding untuk pengisian daya rumah dengan harga daftar $ 500, dan akan mengatur pemasangan, menurut perusahaan.

Pada saat yang sama, Electrify America, sebuah perusahaan yang didanai oleh Volkswagen sebagai bagian dari penyelesaian litigasi kecurangan diesel AS, berencana untuk meluncurkan tahun depan putaran berikutnya instalasi stasiun pengisian umum, eksekutif Electrify America mengatakan kepada Reuters.

Tesla telah mengembangkan jaringan sendiri dari stasiun pengisian Supercharger dengan lebih dari 11.000 pengisi daya di Amerika Utara. Electrify America berencana untuk memasang 2.000 pengisi daya pada pertengahan Juni tahun depan. Ini akan terbuka untuk semua kendaraan, dan pelanggan dapat menggesek kartu kredit untuk mengisi ulang.

"Kami ingin bekerja dengan semua" merek otomotif, kata Giovanni Palazzo, chief executive Electrify America.

Baca juga: SUV listrik pertama milik Audi mulai diproduksi massal

Baca juga: Audi PB18 e-tron bisa melesat 100km dalam dua detik

Baca juga: Audi perkenalkan mobil listrik konsep, PB18 e-tron


Baca juga: Pabrik besar Tesla di Nevada terbakar

 
Penerjemah: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018