Jakarta (ANTARA News) - Nissan memperkenalkan inovasi terbarunya bernama Safety Shield 360, sebuah rangkaian dari enam keamanan canggih dan teknologi driver-assist, sebagai fitur standar untuk semua merek mobil terlaris pada 2021.

"Filosofi kami adalah membawa teknologi Nissan Intelligent Mobility ke pasar untuk kendaraan kami yang paling populer dan terjangkau," ujar pimpinan Nissan North America, Dennis Le Vot, dikutip dari Nissannews.com, Rabu (12/9).

Safety Shield 360 menggabungkan enam sistem canggih dan paket teknologi yang diklaim dapat meningkatkan keamanan dan pengalaman berkendara secara keseluruhan bagi pemilik Nissan.

Nissan Safety Shield 360 meliputi teknologi penginderaan untuk sisi depan, samping dan belakang mobil.

Pada bagian depan, terdapat sistem pengereman darurat otomatis untuk mendeteksi pejalan kaki. Sistem ini menggunakan radar dan teknologi kamera untuk melacak kendaraan dan pejalan kaki yang melintas. Nantinya, sistem akan memberikan peringatan visual dan memberlakukan pengereman untuk membantu menghindari atau mengurangi dampak dari tabrakan yang frontal.

Kemudian terdapat sistem peringatan saat mobil akan melaju. Sistem ini akan memberi tahu pengemudi melalui penanda visual dan suara saat mobil mulai melintasi jalur. 

Baca juga: Strategi Nissan untuk pasar India

Ada pula sistem keamanan bernama High Beam Assist, sistem yang secara otomatis akan beralih ke lampu sorot rendah ketika mendeteksi kendaraan di depannya, lalu akan kembali menyalakan lampu "Beam" saat diperlukan.

Pada sisi samping, terdapat sistem keamanan peringatan titik buta (blind spot), yang akan membantu pengemudi menempatkan kendaraannya di area blind spot.

Selain itu, terdapat juga sistem penanda adanya aktivitas lalu lintas di belakang mobil. Sistem ini dapat memperingatkan pengemudi apabila mendeteksi kendaraan yang mendekat saat mobil sedang berjalan mundur keluar dari tempat parkir.

Untuk sisi belakang, termuat sistem keamanan pengereman belakang otomatis, yang akan membantu pengemudi mendeteksi objek tetap saat mundur, dan bila diperlukan dapat memberlakukan sistem pengereman untuk menghindari tabrakan.

Baca juga: Nissan rilis harga Armada 2019

Safety Shield 360 merupakan pengembangan terbaru dari Nissan Intelligent Mobility, sebuah visi perusahaan untuk mengubah cara sebuah mobil dikendarai, bertenaga dan terintegrasi ke dalam masyarakat.

Nissan Safety Shield ini akan diperkenalkan pertama kali  sebagai fitur standar pada Nissan Rogue 2019 seri SV dan SL, Rogue Sport 2019 dan All-new Altima 2019, yang semuanya dijual di diler Nissan pada musim gugur 2018.

Komponen kunci lainnya dari Nissan Intelligent Mobility adalah teknologi ProPILOT Assist6, yang akan tersedia pada All-new 2019 Altima. ProPILOT Assist dapat memudahkan beban kerja pengemudi, misalnya mengurangi jumlah akselerasi pengemudi atau menstabilkan kemudi dan pengereman dalam kondisi tertentu.

Baca juga: Bos Nissan sebut Datsun bukan mobil murah
Penerjemah: Fathur Rochman
Copyright © ANTARA 2018