Jakarta (ANTARA News) - HMD Global akhirnya merilis Nokia 6.1 Plus di pasar Indonesia. Ponsel ini bisa dikatakan kekinian karena mengusung desain layar penuh dengan poni dan kamera ganda lengkap dengan fitur kecerdasan buatan (AI).

Selain itu, untuk selfie, Nokia 6.1 Plus memiliki fitur "Bothie" yang menjadi unggulan dari perangkat tersebut. Fitur ini memungkinkan kamera depan dan kamera belakang untuk aktif secara bersamaan.

Saat Antara menjajal fitur ini, tampilan dalam layar terbagi menjadi dua kolase  -- bagian atas menampilkan kamera belakang, sementara bagian bawah untuk kamera depan.

 
Tampilan fitur Bothie pada Nokia 6.1 Plus (ANTARA News/Arindra Meodia)


Bothie juga memiliki fitur Dual-Sight untuk menyiarkan langsung ke media sosial -- membagikan kedua sisi cerita secara real time -- sehingga pengguna tidak perlu menyimpan video Bothie untuk kemudian dibagikan di media sosial.

Tidak hanya itu, Bothie juga dibekali fitur kecerdasan buatan (AI) dengan filter, topeng dan persona 3D. Saat dicoba, filter AI bahkan dapat bekerja untuk tiga orang sekaligus yang tampil di kamera depan.

Hasil foto kamera depan juga terbilang baik. Disematkan pula fitur potrait lighting yang memberi efek pencahayaan.

 
Hasil foto kamera depan Nokia 6.1 Plus (ANTARA News/Arindra Meodia)


Untuk kamera belakang, Nokia 6.1 Plus didukung kamera ganda dengan konfigurasi 16MP + 5MP. Dibekali depth sensing, ponsel ini dapat menangkap gambar bokeh yang dapat dipilih, dan juga dapat diedit setelah gambar diambil.

Efek bokeh yang dihasilkan terasa natural. Transisi antara objek dengan latar yang diburamkan bisa dikatakan cukup mulus.

Sementara itu, hasil foto tanpa efek bokeh juga terlihat cukup baik, dan dapat menangkap gambar dengan detail.
 
Hasil foto dengan efek bokeh pada kamera ganda belakang Nokia 6.1 Plus (ANTARA News/Arindra Meodia)
 
Hasil foto kamera belakang Nokia 6.1 Plus (ANTARA News/Arindra Meodia)



Hadir dalam ukuran layar 5,8 inci, rasio layar 19:9 dengan ketajaman Full HD+, ponsel ini juga dibalut dengan Corning Gorilla Glass. Hal ini membuat tampilan Nokia 6.1 Plus keren tidak hanya dari depan, tetapi juga dari belakang.


 
(Video hands on Nokia 6.1 Plus. ANTARA News/Arindra Meodia)

Baca juga: Nokia 6.1 Plus resmi meluncur di Indonesia, harga Rp3 jutaan

Baca juga: Penyebab Nokia 6.1 Plus telat masuk Indonesia

Baca juga: Nokia pertahankan harga meskipun rupiah melemah

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2018