Jakarta (ANTARA News) - Versi produksi dari Jaguar E-type Zero telah diluncurkan pada Kamis malam di Monterey, California pada acara Pebble Beach Concours d'Elegance 2018.

"E-type Zero menampilkan warisan luar biasa dari seri E-Type, dan keahlian serta keterampilan di Classic Works, sekaligus mendemonstrasikan dedikasi Jaguar Land Rover untuk menciptakan kendaraan nol emisi di setiap bagian bisnis, termasuk Jaguar Classic," Direktur Jaguar Land Rover classic, Tim Hannig mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Kombinasi keahlian restorasi dengan teknologi nol-emisi telah membuat SUV Jaguar I-Pace begitu sukses. E-type Zero akan menjadi mobil restorasi yang dirancang khusus untuk kendaraan listrik ramah lingkungan.

Pengerjaan restorasi dan konversi itu akan dilakukan di fasilitas Jaguar's Classic Works di Coventry, Inggris, yang menangani restorasi Jaguar E-type Reborn.

Baca juga: Jaguar Land Rover gelar driving experience global pertama di Indonesia

E-type Zero akan menggunakan paket baterai powertain listrik yang memiliki berat dan dimensi yang sama dengan mesin bensin dan transmisi. 

Kesamaan ini akan memastikan kelancaran proses konversi, karena penangguhan atau rem mobil tidak akan diubah. Hal ini akan menjaga pengalaman mengemudi yang sama seperti E-type asli. Konversi kendaraan listrik sepenuhnya reversibel.

Menurut Jaguar Land Rover, E-type Zero akan memiliki akselerasi yang lebih cepat dibanding E-type seri 1 yang asli. Mobil ini menargetkan jarak mengemudi lebih dari 170 mil sebelum diisi daya.

Adapun untuk baterai akan menggunakan tenaga sebesar 40kWh yang dapat diisi ulang dalam waktu 6 hingga 7 jam saja. Namun hal itu tetap tergantung dari sumber daya yang digunakan.

Baca juga: Jaguar Classic E-Type, mobil listrik Pangeran Harry pada Royal Wedding
 
Jaguar E-Type Concept Zero yang digunakan pasangan Pangeran Harry dan Meghan Markle pada Royal Wedding. (AFP Photo)


Jaguar E-type Zero pertama kali mendapatkan publisitas ketika Pangeran Harry dan Meghan Markle mengendarai kendaraan tersebut pada saat resepsi pernikahan pada 19 Mei 2018 lalu. Kala itu E-type Zero masih dalam versi prototipe.

Belum ada detail mengenai harga karena setiap mobil dibuat secara unik dan dirakit dari model sebelumnya. Jaguar Land Rover mempersiapkan  pengiriman kendaraan E-type elektrik pertama yang akan dimulai pada musim panas 2020. Demikian dilansir Business Insider.

Baca juga: Keputusan Jaguar bikin mobil listrik tergantung Brexit
 

Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2018