Jakarta (ANTARA News) - Tim pelatih Wushu Indonesia terus memantau kondisi psikologi para atlet yang akan berlaga dalam ajang Asian Games 2018, karena persiapan teknis sudah relatif terjaga sehingga faktor non-teknis yang harus terus dipantau.

"Kami selalu kontrol teknis dan non-teknis, di luar lapangan pun kami pantau khususnya mental para atlet," kata pelatih Wushu Indonesia Ahmad Rifai saat ditemui di sela-sela latihan Tim Nasional Wushu Indonesia di JIExpo, Jakarta, Sabtu.

Dia menjelaskan kondisi atlet di luar pertandingan terkadang tegang sehingga harus ditangani misalnya dengan ditangani oleh psikolog.

Ahmad Rifai yang merupakan pelatih wushu Indonesia nomor Taolu, mengatakan setelah para atlet pulang berlatih di China selama empat bulan, kemampuan mereka semakin meningkat dan diharapkan tampil maksimal di ajang Asian Games 2018.

"Selama di China, para atlet kita berlatih bersama atlet China sehingga mentalnya terbiasa ketika nanti bertanding," ujarnya.

Menurut dia, setelah pulang dari China, para atlet Indonesia kemampuan teknis dan fisik terus dijaga terutama agar tidak cidera.

Sementara itu terkait target raihan emas, menurut dia Timnas Wushu Indonesia ditargetkan meraih satu medali emas di nomor Taijiquan, Taijjian All Round melalui atlet berbakat Indonesia yaitu Lindswell Kwok.

Target itu menurut dia karena latar belakang Lindswell yang pernah menjadi juara dunia.

"Persiapan kami sudah matang karena beberapa bulan di pemusatan latihan dan empat bulan berlatih di China. Usaha dan persiapan sudah maksimal maka tinggal yang menentukan adalah ketika nanti di pertandingan," ujarnya.

Dalam ajang Asian Games 2018, cabang wushu akan dipertandingkan pada 19-23 Agustus di Hall B JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Atlet-atlet Indonesia yang menjadi unggulan antara lain Lindswell Kwok yang turun di nomor Taijiquan, Taijjian All Round; lalu Juwita Niza Wasni di nomor Nanquan, Nandao All Round; dan Achmad Hulaefi di nomor Daoshu, Gunshu All round.

Berikut nama atlet wushu Indonesia untuk Asian Games 2018.

1. Achmad Hulaefi
2. Edgar Xavier Marvelo
3. Harris Horatius
4. Bobie Valentinus Gunawan
5. Lindswell Kwok
6. Juwita Niza Wasni
7. Felda Elvira Santoso
8. Selviah Pertiwi
9. Mei Yulianengsih
10. Yusuf Widiyanto
11. Abdul Haris Sofyan
12. Yudi Cahyadi
13. Puja Riyaya.

Baca juga: PB WI optimistis target emas wushu terpenuhi

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018