Bantul (ANTARA News) - Komunitas pecinta mobil kecil atau kei-car se pulau Jawa akan mengadakan kegiatan jambore nasional bertajuk Jogja Keicar Carnival #5 di Pendhapa Art Space dan Taman Kuliner Niten, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta pada 18-19 Agustus 2018.

"Peserta jambore nasional ini diperkirakan dihadiri sebanyak 80 peserta yang berasal dari Malang, Sidoarjo, Surabaya, Semarang, Jakarta, Bandung dan daerah lain di pulau Jawa," kata Ketua Panitia Jogja Keicar Carnival Adam Syah dalam konferensi pers di Pendhopo Art Space Sewon, Bantul, Kamis.

Menurut dia, mobil-mobil kecil yang akan berpartisipasi dalam ajang silaturahmi dan berkumpulnya para pecinta dan pemilik mobil kecil tersebut antara lain Honda Life, Honda N 360, Daihatsu Fellowmax, Daihatsu S38, Suzuki Fronte, Subaru dan merk mobil 'mungil' lainnya.

Adam menjelaskan, jambore nasional bertajuk Jogja Keicar Carnival ini merupakan event tahunan, yang mana pada 2018 adalah kegiatan kelima kali dengan tuan rumah Kota Yogyakarta, setelah sebelumnya event serupa digelar di Sidoarjo, Malang dan Semarang.

"Dalam kegiatan itu juga ada "Midnight Run", yang mengelilingi kota Yogyakarta menjelang tengah malam. Tujuannya adalah menunjukkan keindahan kota Yogyakarta di malam hari dan supaya tidak menimbulkan kemacetan lalu lintas," katanya.

Adam Syah mengatakan, kei car sendiri merupakan mobil berdimensi mungil dengan mesin berkapasitas di bawah 600 cc. Sehingga harapannya selain menjadi ajang untuk saling tukar pikiran dan bertukar spare part, juga menjadi sarana kegiatan positif lainnya.

"Mobil ini sempat hadir di Indonesia pada tahun 60-an hingga tahun 70-an. Rata-rata, mobil yang hadir dalam Jogja Keicar Carnival 2018 merupakan mobil keluaran tahun 1969 hingga 1974," katanya.

Dia mengaku, mobil kecil tersebut banyak digemari karena model mobil ini praktis untuk digunakan sehari-hari dan sangat irit bahan bakar, dan meski termasuk mobil antik, namun dia tidak kesulitan dalam mencari spare part pada beberapa mobil kecil koleksinya.

Ia juga mengatakan, saat ini kei car di Indonesia memiliki harga kisaran dari Rp10 juta hingga Rp200 juta, tergantung dari kondisi fisik dan mesin dari mobil itu sendiri. Namun yang mencapai ratusan juta merupakan mobil yang raih juara dalam kontes mobil klasik.

Baca juga: Lebanon menjadi tuan rumah rally mobil klasik wanita pertama

Baca juga: Indonesia diharapkan gelar pameran mobil klasik internasional


Baca juga: Bhutan, negara kecil dengan ambisi mobil listrik

Baca juga: Toyota pelajari pasar mobil kecil

Baca juga: BMW luncurkan charger mobil listrik kecil dan praktis
Pewarta:
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018