Kami saksikan pelayanannya sangat cepat dan kami berterima kasih atas kebijakan Kerajaan Arab Saudi tahun ini,
Mekkah,  (ANTARA News) - Amirul Hajj Lukman Hakim Saifuddin tiba di Arab Saudi bersama rombongan dengan mendarat di Bandar Udara King Abdulaziz, Jeddah, Sabtu sore waktu setempat.

"Kami saksikan pelayanannya sangat cepat dan kami berterima kasih atas kebijakan Kerajaan Arab Saudi tahun ini," kata Lukman yang juga Menteri Agama RI berkomentar soal penyelenggaraan haji tahun 2018.

Setiba di bandara, amirul hajj langsung meninjau pelayanan haji di bandara tersebut. Menag datang bersama perwakilan sejumlah ormas Islam Indonesia.

Dalam rombongan Amirul Hajj tahun ini nampak Yahya Cholil Staquf dari PB Nahdlatul Ulama, Dadang Kahmad (PP Muhammadiyah), Akhmad Sadeli Karim (PB Mathla`ul Anwar), Ahmad B Muhammad Al Atas (Daimi Rabithah Alawiyah), Jeje Zainuddin (Persis) dan Rusli Effendi (Al Wasliyah).

Selanjutnya, A Zaini Mawardi (Jam`iyyah Ahlith Thoriqoh Mu`tabaroh Nahdliyah), Masjured Munawir (Yayasan Pendidikan Islam Al Muttaqien) dan Masduki Baidlowi (MUI).

Kedatangan Lukman disambut Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nizar Ali, Irjen Kemenag Nur Kholis Setiawan, Dubes RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel, Kadaker Bandara PPIH Arab Saudi Arsyad Hidayat dan lainnya.

Dalam peninjauannya, Menag memantau proses penyambutan jamaah dari Kloter 83 Embarkasi Jakarta-Pondok Gede yang keluar melalui fast track.

Lukman juga menyempatkan diri bertemu dengan jamaah calon haji (JCH) Indonesia yang ada di bandara dan di bus area Jeddah. JCH sendiri akan menuju Mekkah guna melansungkan sejumlah amalan ibadah haji tamattu.

Amirul hajj mengatakan pelayanan di Bandara Jeddah tergolong mengalami kemajuan di tahun ini seperti pergerakan jamaah yang lebih cepat sehingga memangkas waktu tunggu di airport dan lekas bergerak ke Mekkah.*

Baca juga: Jambi berikan 6.000 bungkus abon untuk jamaahnya

 

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2018