Pekanbaru, 9/8 (ANTARA News) - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menyatakan perhelatan Asian Games XVIII-2018 menjadi sejarah membanggakan bagi dunia olahraga Riau, karena cukup banyaknya atlet daerah itu yang akan memperkuat Indonesia pada pertandingan tingkat dunia tersebut.

?Riau mengirimkan 25 atlet dari beberapa cabang olahraga. Mari kita beri dukungan untuk atlet-atlet kita yang berlaga di Asian GAMES XVIII 2018 ini,? kata Arsyadjuliandi Rachman saat peringatan Hari Jadi ke-61 Provinsi Riau, di Kota Pekanbaru, Kamis.

Jumlah atlet Riau yang cukup banyak di Asian Games menunjukkan pembinaan olahraga di daerah berjalan di jalur yang tepat. Setelah menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII-2012, kepercayaan publik terhadap pembinaan olahraga di Riau menurun karena banyak arena-arena yang tidak lagi digunakan karena menjadi objek pemeriksaan dugaan kasus korupsi di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Karena itu, gubernur berharap 25 atlet Riau mampu menunjukkan kemampuan yang terbaik untuk meraih emas yang akan mengharumkan nama Riau dan juga Indonesia.

Berdasarkan catatan KONI Riau, 25 atlet dari daerah tersebut akan bertanding di sembilan cabang olahraga pada Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Sembilan cabang olahraga itu adalah anggar, dayung, senam artistik, renang, sepaktakraw, taekwondo, balap sepeda, atletik dan menembak.

Pada olahraga anggar ada enam atlet Riau, yakni Megawati, Nurul Aini, M. Zulfikar, M. Fajri dan M. Zuhdi. Kemudian ada enam yang akan bertanding dayung, yakni Tanzil Hadid, Maizir Riyondra, Nopriadi, Rio Akbar, Raudani Fitra dan Alfoncina Monim.

Selanjutnya, pada cabang olahraga senam ada tiga atlet, yakni M. Tri Saputra, Agung Suci Tantio Akbar dan M. Aprizal.

Kemudian di cabang olahraga renang ada dua atlet, yakni Azzahra Permatahani dan AT Vanessa Evato. Lalu sepaktakraw juga dua atlet, yakni Florensia Cristy dan Sutini.

Selain itu, Riau juga mengirimkan dua atlet menembak, yakni Barry Agustini dan Totok Trimartono, kemudian di atletik juga dua atlet yakni Elisar Gamashi dan Deni Putra Yohanes.

Sementara itu taekwondo dan balap sepeda masing-masing satu atlet, yakni Ibrahim Zarman dan Novianan.

Selain 25 atlet, pelatih Riau juga dipercaya tampil pada Asian Games 2018. Mereka antara lain Ahmad Markos (senam), David Armadoni (renang), dan M. Syukur (sepaktakraw).

Baca juga: Kirab Obor Asian Games dimeriahkan kesenian tradisional

Pewarta: Febrianto Budi Anggoro
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2018