Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah penjual kendaraan di Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Jakarta Utara, mengatakan terjadi sedikit peningkatan penjualan kendaraan berjenis SUV (sport utility vehicle) dalam beberapa bulan terakhir.

Menurut mereka, pembeli SUV bekas itu kini datang dari kalangan pemilik City Car yang ingin "naik kelas" menggunakan kendaraan dengan body dan kapasitas mesin lebih besar. Sebelumnya, konsumen SUV umumnya datang dari pemilik MPV yang mencari mobil kedua untuk keperluan lain.

"Naik ya, sedikit, sekitar 5 sampai 10 persen dari penjualan kami," kata Andrey dari diler Auto Cars di Mangga Dua, Jakarta Utara, Minggu.

"Ada beberapa orang yang cenderung ganti mobil dari city car langsung ke SUV. Misalnya dia punya Jazz, melompat ke HR-V bahkan CR-V," kata dia.

Baca juga: Penjual mobil bekas akan nikmati kenaikan pasar SUV tahun depan

Marco dari diler Mobilindo mengatakan, bahwa Nissan X-trail menjadi salah satu SUV yang dicari para mantan pengguna City Car.

"Modelnya gagah, harganya pas di kantong mereka," kata Marco kemudian menyebut Nissan X-trail tahun 2007 hingga 2010 yang umumnya dicari karena harganya Rp 90 juta sampai Rp 120 juta.

"Ada yang cerita juga, mereka jual dahulu mobil sebelumnya lalu tambah sedikit untuk beli X-trail seken," katanya.

Menurut para penjual di Mangga Dua, pilihan SUV di bawah Rp100 juta masih begitu terbatas. Selain Nissan X-Trail, pembeli umumnya mencari CR-V generasi kedua, Ford Escape, Grand Vitara 2007, atau Rush dan Terios generasi pertama.

Baca juga: Tips membeli mobil bekas bagi pemula
Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018