Jakarta (ANTARA News) - Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) akan kembali digelar pada 2 - 12 Agustus 2018 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, dengan menghadirkan 40 kendaraan dan mobil konsep terbaru.

Puluhan kendaraan terbaru itu akan meluncur pada GIIAS yang bertema Beyond Mobility sebagai gerakan evolusi kendaraan bermotor, dari sebuah alat transportasi menjadi sebuah kontribusi guna mendorong percepatan kualitas kehidupan manusia.

"Kami ingin agar GIIAS dapat menjadi tempat mensosialisasikan berbagai informasi dan kebijakan terbaru dari industri otomotif Indonesia. Tujuannya agar mendapatkan pengertian dan dukungan dari publik, demi pertumbuhan positif industri otomotif Indonesia", ujar Ketua Umum Gaikindo Yohanes Nangoi di Jakarta, Selasa.

Pameran kali ini akan diikuti 25 agen pemegang merek (APM) kendaraan di Indonesia antara lain Audi, BMW, Chevrolet, Daihatsu, Datsun, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, VW, Wuling, serta kendaraan niaga dari FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, dan UD Trucks.

"Hal ini menekankan GIIAS sebagai pijakan terbaik untuk meluncurkan kendaraan dan teknologi terbaru, dan saat ini tercatat lebih dari 40 kendaraan baru dan konsep yang diluncurkan di GIIAS 2018, yang tentunya akan mencerminkan teknologi Beyond Mobility," kata Rizwan Alamsjah, Ketua III GAIKINDO yang juga menjabat Ketua Penyelenggara GIIAS 2018.

Menurut dia, Rizwan, beberapa kendaraan akan melakukan debut dunia di GIIAS 2018 dan sebanyak delapan sepeda motor terbaru juga akan meluncur pada pameran itu.

Baca juga: Honda bakal luncurkan mobil "world premier" di GIIAS 2018

Deklarasi EURO 4
Penyelenggaraan GIIAS 2018 akan menandai dua agenda penting dalam industri otomotif di Indonesia yaitu deklarasi penerapan bahan bakar EURO 4 dan peluncuran Alat Mekanik Multiguna Pedesaan (AMMDes).

"Yang pertama adalah deklarasi yang menandai Indonesia telah memasuki era Euro 4, sebuah langkah yang sangat penting untuk pertumbuhan industri otomotif Indonesia," kata Nangoi.

"Dan yang kedua, pemerintah berencana akan meluncurkan Alat Mekanik Multiguna Pedesaan (AMMDes), sebagai satu lagi pencapaian industri di Indonesia. Kedua momen tersebut memberikan kebanggan tersendiri bagi Gaikindo," tambah Nangoi.
 
Menurut rencana, GIIAS 2018 akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo untuk menandai dua agenda penting tersebut.

GIIAS 2018 juga memperkenalkan inovasi teknologi dalam sebuah arena yang disebut Beyond Mobility Area, untuk mendemonstrasikan keunggulan teknologi kepada pengunjung lewat interaksi langsung.

Baca juga: Gaikindo manfaatkan GIIAS 2018 deklarasi Euro4

Fasilitas online
Tahun ini GIIAS bekerjasama dengan Tokopedia sebagai official e-commerce partner, guna memberikan kemudahan dan keuntungan bagi pengunjung.

Pengunjung mendapatkan kemudahan di area aksesoris dan spareparts dan menemukan produk peserta pameran yang diinginkan kemudian bertransaksi melalui aplikasi Tokopedia.

Fasilitas tiket online menjadi pilihan paling tepat untuk mempersiapkan kunjungan ke area pameran. Dibuka mulai pertengahan Juli 2018, tiket online GIIAS 2018 sudah tersedia di aplikasi Tokopedia dan Gotix.

Ada juga promo visit weekdays yang berlaku pada Senin hingga Jumat, sepanjang hari akan berlaku promo khusus untuk warga Tangerang, hingga penawaran parkir gratis. Sedangkan untuk anak berusia di bawah 7 tahun dan lansia berusia diatas 65 tahun tidak dikenakan biaya untuk menikmati GIIAS 2018.

Baca juga: Ekskavator buatan dalam negeri diupayakan tampil di GIIAS

Pewarta:
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018