London (ANTARA News) - Tiga tim Indonesia dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mengambil bagian dalam kompetisi adu cepat mobil-mobil hemat energi Drivers World Championship (DWC) yang berlangsung di Queen Elizabeth Olympic Park, Stratford, London, dari tanggal 5 hingga 8 Juli mendatang.

Country Chairman & President Director, Shell Indonesia, Darwin Silalahi, kepada Antara London, Kamis menyebutkan Tim mahasiswa dari tiga universitas di Indonesia berhak mewakili Asia di Grand Final kejuaraan dunia Shell Eco-marathon Drivers World Championship 2018 dan akan berkompetisi dengan peserta dari kawasan lainnya yaitu dari Eropa dan Amerika.

Ketiga tim akan mengendarai mobil UrbanConcept yang mereka bangun dan ditenagai oleh bahan bakar bensin memulai perjalanan mereka di Shell Eco-marathon Europe (SEME) sebagai bagian dari kualifikasi untuk DWC 2018.

Menurut Darwin Silalahi, SEME dan DWC adalah highlights dari Make the Future Live, sebuah festival inovasi dan teknologi, yang akan berlangsung di Queen Elizabeth Olympic Park, Stratford, London.Tim pelajar Indonesia untuk bersaing dalam perlombaan menarik untuk melihat siapa pengemudi hemat energi tercepat di dunia.

Dikatakannya keterlibatan Shell mendukung tim Indonesia di ajang Kejuaraan Dunia Driver di London ini merupakan upaya Shell untuk mengajak generasi muda menjadi bagian dari solusi untuk menjawab tantangan energi masa depan. "Shell bangga dapat berperan dalam upaya memecahkan tantangan energi, air, dan pangan di masa depan, namun Shell tahu bahwa Shell juga harus memberikan inspirasi kepada generasi masa depan yaitu para inovator, ilmuwan, pemimpin pemikiran, dan wirausahawan muda," ujarnya.

Dikatakannya selama bertahun-tahun Shell telah bekerjasama dengan generasi muda dalam mendukung mereka menuangkan gagasan-gagasan inovatif yang revolusioner yang dapat mengubah dunia dan menghadapi tantangan masa depan.

Sementara itu Team Manager Smart Car MCS yang berkompetisi di tahap final Shell Ideas360, Herman Amrullah kepada Antara, Kamis menyebutkan bahwa tim Smart Car MCS, tim mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) mewakili Asia dalam tahap final Shell Ideas360 yang merupakan sebuah ajang kompetisi yang menantang para mahasiswa seluruh dunia untuk mengembangkan beragam ide dan gagasan dalam menghadapi tantangan global di sektor energi, pangan dan air, ujarnya. Shell Ideas 360 tahun ini diikuti lebih dari 17.000 mahasiswa dari 140 negara dengan 3.363 ide.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018