Jakarta (ANTARA News) - Konsulat Jenderal Indonesia di Jeddah, Arab Saudi, dan Lulu Hypermarket Jeddah menyatakan komitmen bersama untuk memasarkan produk-produk asal Indonesia.

Komitmen itu disampaikan di sela-sela kehadiran Konsul Jenderal Indonesia di Jeddah, Mohamad Hery Saripudin, bersama Konsulat Jenderal Indonesia di Jeddah dalam pembukaan ASEAN Fresh Festival yang diselenggarakan Lulu Hypermarket Jeddah, Rabu (4/7), menurut keterangan tertulis Konsulat Jenderal Indonesia di Jeddah, yang diterima di Jakarta, Kamis.

Kesempatan ini dimanfaatkan Konsulat Jenderal Indonesia di Jeddah bersama Tim Ekonomi dan Perdagangan Konsulat Jenderal Indonesia di Jeddah untuk meninjau aneka produk asal Indonesia yang dipasarkan melalui salah satu ritel terbesar di Asia dan Timur Tengah ini.

Bersama Tim dari Konsulat Jenderal Indonesia di Jeddah, Saripuddin diajak berkeliling oleh pimpinan Lulu Hypermaket Jeddah untuk melihat-lihat rak-rak produk asal negara-negara ASEAN termasuk Indonesia.

Aneka jenis buah-buahan dan produk asal negara-negara anggota ASEAN cukup dikenal di wilayah Arab Saudi. Indonesia sebagai salah satu negara yang produknya ditampilkan pada festival itu, antara lain nanas, sirsak, lidah buaya, mie cepat saji, biskuit, kecap dan saus, dan wafer.

"Indonesia memiliki potensi yang besar untuk memasok kebutuhan produk-produk yang dibutuhkan masyarakat Arab Saudi. Salah satu pintu pemasarannya yang potensial melalui Lulu Hypermarket ini," kata dia, kepada manajemen Lulu Hypermarket.

General Manager Lulu, Anas Haneefa, menyambut baik rencana dari Tim Konsulat Jenderal Indonesia di Jeddah untuk dapat meningkatkan nilai transaksi antara Indonesia dan Arab Saudi melalui ritel asal Uni Emirat Arab ini.

Dalam pertemuan singkat dengan pihak manajemen, Konjen menyatakan, Konsulat Jenderal Indonesia di Jeddah berkomitmen menjalin kerja sama untuk mempromosikan produk-produk Indonesia di Lulu Hypermarket melalui kegiatan-kegiatan yang melibatkan masyarakat Indonesia, seperti kegiatan pesta rakyat, resepsi diplomatik, upacara bendera, panggung gembira, pekan olahraga, dan rangkaian kegiatan sosial menyambut HUT Indonesia.

Pihak Lulu Hypermarket mengapresiasi upaya Konsulat Jenderal Indonesia di Jeddah untuk turut mempromosikan produk-produk Indonesia yang sudah masuk ke Lulu Hypermarket.

Lulu Hypermarket juga menawarkan program Back To School  kepada siswa-siswa Indonesia di Jeddah dan kota-kota sekitarnya untuk berpartisipasi dalam kegiatan kompetisi olahraga yang digelar oleh Lulu Hypermarket.

Kerja sama KJRI Jeddah-Lulu Hypermarket di sejumlah kegiatan yang dirintis Tim Ekonomi dan Perdagangan Konsulat Jenderal Indonesia di Jeddah diharapkan dapat meningkatkan hubungan perdagangan dan investasi antara Indonesia-Arab Saudi.

Komitmen kerja sama juga diperkuat dengan kehadiran sejumlah karyawan asal Indonesia di Lulu Hypermarket. Hingga kini tercatat sebanyak 150 orang karyawan asal Indonesia yang bekerja di Lulu Hypermarket Jeddah.

Pembukaan acara ASEAN Fresh Festival, yang dijadwalkan berlangsung selama sepekan, juga dihadiri konsul jenderal Filipina. Berbagai produk ekspor dari 10 negara ASEAN dipromosikan oleh Lulu Hypermarket Jeddah selama festival berlangsung.

Pewarta: Mohamad Anthoni
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018