Tokyo (ANTARA News) - Toyota Corolla memiliki tampilan baru yang lebih sporty untuk menarik minat calon konsumen dari kalangan muda di pasar Jepang.

Sebagai salah satu model terlaris, Corolla begitu diminati dari kalangan pembeli mobil pertama dan kelompok pelajar di pasar Amerika Utara karena menyumbang sekitar sepertiga dari penjualan global mereka.

"Kami bersyukur bahwa pelanggan lama kami tetap setia kepada Corolla," kata chief engineer Corolla Sport Yoshiki Konishi dilansir Reuters, Selasa (26/6).

Ia mengatakan model terbaru itu akan dijual di Amerika Utara dalam beberapa bulan mendatang dan memasuki pasar Eropa pada 2019.

"Tapi kami ingin Corolla lebih menggema bagi mereka yang berjiwa muda... Kami ingin menargetkan orang-orang berusia 20-an dan 30-an," kata dia.

Baca juga: Toyota investasi 1 miliar dolar di Grab

Baca juga: Corolla Hybrid muncul di China


Toyota pun memulai peluncuran Corolla melalui model Sport hatchback ketimbang model sedan tradisional yang begitu populer.

Di Jepang, Corolla Sport dilengkapi modul komunikasi yang mengumpulkan data mengemudi untuk menyediakan navigasi dan bantuan teknis berbasis cloud, serta pemantauan kondisi kendaraan untuk memberikan update pada sistem itu.

Pada hari yang sama, Toyota juga memperkenalkan model baru Crown yang menjadi mobil pertama yang diproduksi massal dengan teknologi canggih yang sebelumnya tersedia secara eksklusif pada model Lexus.

Baca juga: Toyota siap gelontorkan investasi baru untuk mobil listrik di Indonesia

"Dengan menambahkan kemampuan konektivitas pada model yang terkenal karena populer di kalangan pengemudi yang berusia lebih tua, Toyota berusaha menarik orang-orang muda ke Corolla, dan memperluas basis pelanggannya," kata Takeshi Miyao, managing director lembaga konsultan Carnorama.

Kendati demikian, untuk menarik pengemudi yang lebih muda sangatlah sulit di Jepang karena jumlah pemegang izin mengemudi di bawah usia 30 tahun justru turun 22 persen dalam dekade terakhir.

Sedangkan pemilik SIM yang berusia 65 tahun ke atas justru melonjak 64 persen, menurut data resmi.

Sejak diluncurkan pada 1966, 46 juta unit Corolla telah terjual di lebih dari 150 negara, demikian Reuters.

Baca juga: Toyota Corolla Hatchback hadir akhir bulan ini

Baca juga: Sambil halal bihalal, TOC sampaikan donasi kepada anak yatim piatu

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018