Bandung (ANTARA News) - FIFGROUP dalam acara peduli kasih bertema “Berbagi Berkah & Damai di Bulan Ramadhan” menggelar buka bersama anak-anak yatim piatu dari Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada Jumat, dengan mengundang Kepala Biro Multimedia, Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rikwanto.

Dalam acara yang digelar di Kota Bandung itu Rikwanto secara khusus berbagi tips mengenai keamanan selama libur Lebaran serta tips menyikapi berita hoax banyak beredar di media sosial.

Di depan anak-anak yatim piatu yang sudah akrab dengan media sosial, Rikwanto berpesan agar mereka tidak dengan gampangnya membagi informasi yang belum bisa dipastikan kebenarannya di media sosial. Karena, hampir 80 persen berita yang beredar di media sosial adalah hoax karena tidak ada sumber yang jelas dan tanpa terkonfirmasi.

Bagaimana caranya untuk mengenali berita hoax? Rikwanto mengatakan, untuk memastikan berita itu hoax atau tidak, pengguna perlu mengeceknya di media massa mainstream. Jika informasi itu tidak ada di media mainstream hampir bisa dipastikan informasi itu hoax. Media mainstream bisa menjadi rujukan untuk menguji kebenaran berita karena mereka selalu menggunakan sumber jelas serta faktanya terkonfirmasi.

“Media mainstream juga selalu mengedepankan check and recheck,” katanya.

Sebagai tuan rumah, FIFGROUP memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Polri serta jajarannya yang senantiasa memberikan rasa keamanan terhadap semua masyarakat Indonesia selama ini.

“Tahun ini kami telah memasuki tahun keempat dalam penyelenggaraan buka bersama anak yatim piatu, jurnalis, serta jajaran pemerintahan di Bandung. Kami berharap tali silaturahmi ini bisa terus terjaga dan FIFGROUP berkomitmen untuk menyelenggarakan kegiatan seperti ini setiap tahun,” tutur Arif Reza Fahlepi, Head Corporate Communication FIFGROUP.

Reza juga bercerita bahwa sesuai dengan misi FIFGROUP untuk membawa kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat, FIFGROUP juga menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam bulan Ramadhan ini, seperti berbagi takjil, buka puasa bersama, mudik bersama, dan bersih-bersih masjid.

Acara silaturahmi itu kental dengan suasana kekeluargaan dan keakraban di antara FIFGROUP dan jurnalis serta anak yatim piatu. Selain mempersiapkan hidangan buka bersama, FIFGROUP juga menyediakan paket bingkisan peralatan sekolah kepada anak yatim piatu.

FIFGROUP juga menyerahkan bingkisan sembako yang diserahkan langsung oleh Arif Reza Fahlepi kepada perwakilan dari panti asuhan yang hadir dalam acara tersebut.

Selain itu, dalam rangka bulan Ramadhan ini FIFGROUP juga meluncurkan promo Ramadhan Penuh Berkah melalui keempat brandnya yaitu FIFASTRA, SPEKTRA, DANASTRA, dan AMITRA.

Pewarta: antara
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018