Makassar (ANTARA News) - Sedikitnya 500 orang siswa SD dan SMP Islam Terpadu Ikhtiar Kota Makassar, Sulawesi Selatan, menggelar pawai penyambutan bulan Suci Ramadhan 1439 Hijriah di Makassar, Senin.

"Pawai ini dimaksudkan untuk menyemangati siswa untuk berpuasa, sekaligus mengajak umat muslim menyambut bulan Suci Ramadhan yang penuh berkah," kata Kepala Sekolah SD Islam Terpadu Ikhtiar Masita Dasa di sela kegiatan tersebut.

Sebelum melepas barisan pawai tersebut, para siswa yang membawa pernak-pernik jargon dan mengenakan kostum yang unik berkumpul di halaman sekolah mereka. Selanjutnya berbaris sesuai kelompok masing-masing sambil meneriakkan yel-yel penyemangat untuk berpuasa.

Aksi pawai masing-masing kelompok siswa yang didampingi oleh wali kelasnya itu melakukan longmarch dengan berjalan kaki sekitar 3 KM menyusuri Jalan Sunu, Jalan Cumi-Cumi, Jalan Kalumpang, Jalan Mangadel, Jalan Datuk Patimang dan berakhir kembali ke Jalan Sunu.

Setiba di sekolah, kelompok siswa diseleksi untuk memperoleh hadiah bagi juara lomba terbaik dalam membuat pernak-pernik jargon dan yel-yel penyemangat berpuasa. Setelah pemberian hadiah tersebut, peserta siswa itu diajak mengunjungi Panti Asuhan Al Ikhlas di Makassar untuk membagikan sembako dan Kitab Suci Al-Qur`am kepada para penghuni panti.

Salah seorang siswa SD IT Ikhtiar, Ainun mengaku sangat terkesan mengikuti pawai penyambutan Ramadhan ini dan juga melakukan anjang sana ke Panti Asuhan Al Ikhlas.

"Saya senang bisa longmarch bersama teman-teman dan juga ke panti asuhan. Kebersamaan ini diharapkan dapat menjadi penyemangat bersama kelak dalam beribadah," ujarnya.

Sementara itu, guru kelas 2B SD Islam Terpadu Ikhtiar A Farmawati mengatakan upaya menumbuhkan rasa kebersamaan, solidaritas dan kepekaan sosial ini mulai ditumbuhkembangkan sejak dini, agar kelak setelah berbaur dengan masyarakat memiliki jiwa sosial tinggi.

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018