Sentul (ANTARA News) - Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot) merayakan hari jadinya yang ke-15 tahun dengan menggelar diskusi dan lokakarya bertema "Memacu Kreativitas dan Memelihara Sikap Kritis Wartawan", di Aston Sentul Lake Resort, Bogor, Jawa Barat, 12-13 Mei 2018.

Kegiatan itu tidak sekadar berbagi pengalaman serta pengetahuan antara penggiat sosial media, pelaku industri serta wartawan senior, melainkan ada juga sesi pengambilan foto dan video dengan batasan waktu tertentu guna menguji kecepatan dan kreativitas wartawan di tengah perkembangan industri media massa.

"Tema ini sengaja kami angkat dan kami rangkai dengan kegiatan diskusi menarik sebagai bekal teman-teman wartawan untuk bisa berkarya secara lebih kreatif dan tetap mempertahankan sikap kritisnya dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat terkait perkembangan industri otomotif di Tanah Air," ujar Ketua Umum Forwot, Indra Prabowo, di Aston Sentul.

Pada sesi pertama dan kedua kegiatan itu, perwakilan dari Mitsubishi dan Suzuki memberikan pengetahuan terkait teknologi pada produk kendaraan mereka. Setelah itu, Agus Langgeng selaku pendiri Otomotif Group membagikan pengalaman, pengetahuan dan sarannya kepada wartawan otomotif agar selalu objektif dan kreatif dalam setiap menghasilkan karya jurnalistik.

Usai pelatihan, sebanyak kurang lebih 70 wartawan/jurnalis dalam keanggotaan Forwot yang mengikuti lokakarya langsung diajak mengaplikasikan ilmu tersebut melalui kompetisi foto, video dan karya tulis jurnalistik.

Rangkaian puncak perayaan HUT ke-15 Forwot berlanjut dengan menggelar malam ramah tamah yang dihadiri tamu undangan perwakilan pelaku industri otomotif, pengurus dan anggota, yang ditandai pemotongan kue ulang tahun dan pembacaan doa bersama. "Dan di tengah persaingan media yang juga kian ketat, Forwot berusaha untuk tetap bisa menjaga 'marwah' sebagai kumpulan wartawan yang jujur, cerdas dan kritis," tambah Zainal Abidin, Wakil Ketua Umum Forwot.

Acara tersebut terselenggara berkat dukungan Suzuki, Mitsubishi Motors, DFSK Indonesia, Wuling Motors, Toyota, Isuzu, Daihatsu, Garda Oto, Pertamina Lubricants, Astra Honda Motor, Mobil88, Adira, GS Astra dan Konica Minolta.

Baca: Forwot kampanyekan keselamatan berlalu-lintas

Perayaan ini semakin lengkap dengan adanya kegiatan sosial berupa penyerahan donasi sebanyak empat unit laptop kepada perwakilan Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang nantinya bakal diteruskan ke beberapa lembaga pendidikan.

Danang Priyamboro selaku Ketua Pelaksana HUT ke-15 Forwot mengatakan, "Siapapun nantinya penerima donasi tersebut, kiranya bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk lebih mengenal teknologi serta menjangkau informasi secara lebih luas lagi."

Pada perayaan hari jadi ke-12 (2015), Forwot menyerahkan sejumlah kaki palsu kepada para penyandang cacat, disusul tahun berikutnya (2016) mendonasikan buku senilai Rp 20 juta rupiah ke 100 TK (Taman Kanak-Kanak) di bawah asuhan IGTKI (Ikatan Guru TK Indonesia) kabupaten Bogor, serta sumbangan sepatu untuk anak anak sekolah di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur, senilai Rp 10 juta rupiah.

"Di bawah pilar "Forwot Berbagi" kegiatan sosial semacam ini menjadi bentuk komitmen kepedulian kami terhadap lingkungan sosial dan akan terus kami lakukan," tutup Danang Priyamboro.

Baca: Suzuki GSX-R 150 sabet gelar FMY 2017
Pewarta:
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018