Berlin (ANTARA News) - Merek mobil premium Jerman, Audi, mengumumkan rencananya untuk menjual sekitar 800 ribu kendaraan listrik dan mobil hybrid pada tahun 2025 guna bersaing dengan perusahaan mobil listrik asal Amerika, Tesla.

Audi akan meluncurkan lebih dari 20 kendaraan listrik pada 2025 berkat penggunaan platform modular dan basis kendaraan MEB dari perusahaan induk, Volkswagen, yang juga dikembangkan bersama-sama dengan Porsche, menurut Reuters, Rabu.

Langkah itu bisa dikatakan cukup ambisius ketimbang rencana peluncuran 20 kendaraan listrik yang sebelumnya akan ditangani Audi sendirian.

Audi mengatakan peluncuran mobil-mobil itu tidak akan menggangu margin operasi sebesar 8-10 persen, kendati mereka tetap menolak untuk menjabarkan rincian terkait jumlah mobil listrik dan mobil hibrida yang akan dijual pada tahun 2025.

Baca: Bikin rugi, Audi berharap tidak ada lagi skandal emisi diesel

Tahun lalu, Audi menjual 16.000 kendaraan semi-listrik dan belum memiliki model listrik sepenuhnya pada lini produk mereka.

Perusahaan yang berbasis di Ingolstadt, Jerman, melego 1,88 juta mobil secara global pada tahun 2017, termasuk tiga model kendaraan berpenggerak plug-in hybrid.

Pada bulan Agustus mendatang, Audi akan meluncurkan model sport (SUV) e-tron sebagai model pertama berpenggerak listrik sepenuhnya, demikian Reuters.

Baca: Audi ingin gandakan penjualan di China dalam 6 tahun

Baca: Daimler, Audi, Volvo adopsi teknologi kecerdasan buatan Alibaba Labs
 

Penerjemah:
Copyright © ANTARA 2018