Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan Imam Besar dan Grand Syeikh Al-Azhar, Prof. Dr. Ahmad Muhammad Ath-Thayeb yang datang khusus dari Kairo, Mesir.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut kedatangan Imam Besar Grand Syekh Al-Azhar Prof. Dr. Ahmad Muhammad Ath-Thoyyib di pintu Istana Merdeka Jakarta, Senin.

Grand Syekh Al-Azhar tiba di pintu Istana Merdeka pada sekitar pukul 15.00 WIB.

Presiden Jokowi pada kesempatan itu didampingi oleh Utusan Khusus Presiden RI untuk Dialog dan Kerjasama Antar Agama dan Peradaban (UKP-DKAAP), Prof. Dr Din Syamsuddin, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, serta Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi.

Kedatangan Imam Besar Grand Syekh Al-Azhar Prof. Dr. Ahmad Thoyyib dari Masyikhotil Azhar Kairo, Mesir, itu merupakan undangan langsung dari Presiden Jokowi.

Sebelumnya Presiden Jokowi mengutus Din Syamsuddin untuk menyampaikan surat undangan dari Presiden Jokowi kepada Grand Syaikh Al-Azhar untuk menghadiri High Level Consultation (HLC) of World Muslim Scholars on Wasatiyat Islam. 

Acara ini akan digelar awal Mei 2018 di Jakarta yang akan dihadiri ratusan ulama dan tokoh-tokoh dari dalam dan luar negeri. Din dalam keterangan tertulis beberapa waktu lalu mengatakan Syekh Thoyyib diundang secara langsung karena Indonesia menganggap Al-Azhar sebagai pusat studi Islam terkemuka di Indonesia. 

Ia menambahkan, Syekh Thoyyib juga dianggap sebagai tokoh utama dunia Islam.

"Indonesia memberikan apresiasi yang tinggi kepada Al-Azhar atas peranannya dalam membangun peradaban dunia dengan Islam yang moderat," kata Din.
 

 

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018