Jakarta (ANTARA News) - Distributor resmi kendaraan Mitsubishi di Indonesia, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), menyerahkan lima unit Mitsubishi Mirage kepada lima Sekolah Menegah Kejuaraan untuk dimanfaatkan sebagai kendaraan praktik masing-masing SMK.

Penyerahan dilakukan secara simbolik oleh Direktur Divisi Administrasi dan Sumber Daya Manusia MMKSI, Wisnu Wardhana, kepada perwakilan kelima SMK di anjungan Mitsubishi dalam pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Senin.

Lima SMK penerima unit Mirage dari Mitsubishi ialah SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru, SMK 2 Mei Bandar Lampung, SMK Muhammadiyah 3 Weleri Kendal, SMKN 3 Singaraja Bali dan SMK Kartika V-i Balikpapan.

Mitsubishi memastikan seluruh unit Mirage yang diserahkan kepada para SMK penerima adalah model terbaru untuk memberikan keleluasaan bagi para siswa untuk mempelajari konfigurasi mesin dan mobil paling mutakhir.

"Setiap yang dipelajari biasanya masih mesin jadul, jadi saat mereka lulus kemampuannya enggak sesuai dengan kebutuhan industri yang akan menampungnya," kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan MMKSI, Bambang Kristiawan.

"Oleh karena itu kami dari tahun kemarin sudah memberikan model current line-up ke SMK-SMK penerima," ujarnya menambahkan.

Lima unit Mirage untuk lima SMK tersebut, membuat Mitsubishi sejak 2014 telah mendonasikan tak kurang dari 32 unit kendaraan terbaru mereka kepada 32 SMK di seluruh Indonesia.

"Ke Medan sudah, Makassar sudah, paling banyak di Jawa. Sudah ada Mirage, Outlander Sport, Triton juga, pernah kasih Colt Diesel juga," ujar Bambang.

Baca juga: Komentar komunitas Outlander Sport usai cicipi versi PHEV

Baca juga: Rifat Sungkar jadi anggota kehormatan komunitas Mitsubishi Xpander


Selain memberikan unit kendaraan praktik, Mitsubishi juga mengadakan pelatihan Mitsubishi Service Technician Education Program (M-STEP 1) kepada 15 orang siswa masing-masing SMK, untuk mengenalkan keterampilan dasar otomotif yang berstandar program wajib mekanik Mitsubishi di seluruh dunia.

M-STEP 1 meliputi pengetahuan sistem kendaraan termasuk mesin bensin maupun diesel, sistem bahan bakar, kelistrikan, power train dan chassis.

Mitsubishi menyebutkan bahwa SMK penerima donasi kendaraan praktik diharuskan memiliki akreditasi A dan punya area bengkel sendiri.

Pihak Mitsubisihi biasanya melakukan survei langsung ke SMK calon penerima donasi kendaraan praktik, baik itu yang lewat jalur pengajuan mandiri maupun rekomendasi mitra diler setempat.

Baca juga: Mitsubishi yakin IIMS jadi faktor penting pendorong pasar otomotif

Baca juga: Pekan depan, Mitsubishi bakal ekspor perdana Xpander


 
Pewarta:
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018