Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 2.900 sedotan plastik terkumpul hanya dalam satu jam oleh 300 karyawan The Body Shop bersama warga masyarakat di sekitar bundaran Hotel Indonesia tepat pada peringatan Hari Bumi di Jakarta, Minggu.

The Body Shop Indonesia menjadikan momen Hari Bumi yang jatuh setiap 22 April untuk melaksanakan Kampanye Tolak Sedotan Plastik dan menjadi aksi untuk mengedukasi masyarakat akan bahayanya penggunaan sedotan plastik bagi lingkungan.

CEO The Body Shop Indonesia Aryo Widhiwardhono mengatakan bahwa kampanye ini memiliki tujuan riil untuk mengedukasi masyarakat Indonesia mengenai bahaya ancaman sedotan plastik. Sedangkan pada peringatan Hari Bumi 2017 pihaknya juga melakukan kampanye menolak penggunaan kantong plastik.

Berdasarkan data penelitian Divers Clean Action perkiraan pemakaian sedotan di Indonesia setiap harinya telah mencapai 93.2 juta batang atau jika dibentangkan jaraknya sama seperti lima kali perjalanan pulang pergi Jakarta hingga Papua.

Sedotan plastik selalu masuk dalam 10 besar sampah yang mencemari lautan. Hampir 90 persen sampah di laut mengandung plastik dan setidaknya delapan juta ton plastik mencemari lautan di dunia setiap tahun atau sama seperti mengosongkan truk berisi sampah plastik ke laut setiap menit.

Kini, menurut Aryo, perusahaan berusaha mengajak masyarakat untuk lebih kritis menolak sedotan plastik dan membawa sedotan yang ramah lingkungan (stainless atau bambu) sendiri sehingga dapat digunakan secara berulang.

Sekjen Asosiasi Bank Sampah Indonesia Wilda Yanti mengatakan pengelolaan sampah dan pemilahan melalui pendekatan edukasi sangat penting. Momentum Volunteering Day The Body Shop merupakan bentuk komitmen konkrit untuk mengedukasi masyarakat.

Sektor sarana dan prasarana pengelolaan sampah juga harus mendukung. Sampah sedotan plastik yang dikumpulkan hari ini akan di serahkan ke Bank Sampah induk Benteng Kreasi di Rawasari Jakarta Pusat.

Ia mengimbau masyarakat untuk mengurangi pemakaian sedotan plastik dengan cara sederhana yakni tidak menggunakan sedotan plastik. Komitmen bersama sangat penting. Pemerintah, masyarakat dan juga pelaku bisnis harus bahu membahu untuk mewujudkan lingkungan yang lebih bersih dan lestari.

Kampanye ini juga menghadirkan nara sumber yakni GM Corporate Affairs and Sustainability The Body Shop Indonesia Rika Anggraini dan artis pecinta lingkungan Nadine Chandrawinata.

Pewarta: Virna Puspa S
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018