Shanghai (ANTARA News) – Raksasa e-commerce Tiongkok Alibaba, Senin (1/4), mengumumkan telah mengakuisisi kepemilikan penuh perusahaan pengiriman makanan Ele.me dalam kesepakatan yang menghargai start-up berbasis di Shanghai itu sebesar 9,5 miliar dolar Amerika (sekitar Rp130,6 triliun).

Kesepakatan itu adalah yang terbaru dalam persaingan ketat antara perusahaan kelas berat Alibaba dan Tencent di pasar Tiongkok yang berkembang cepat untuk pemesanan makanan online dan pembayaran digital.

Alibaba dan perusahaan keuangannya Ant sudah memiliki 43 persen Ele.me yang berbasis aplikasi dan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka akan mengakuisisi semua saham yang tersisa.

Mereka mengatakan akuisisi tersebut menghargai harga Ele.me senilai 9,5 miliar dolar Amerika (sekitar Rp130,6 triliun). Alibaba tidak mengatakan berapa banyak yang harus dibayarkan untuk saham sisanya.

Ele.me, yang berarti "Apakah Anda lapar?", mengatakan mereka beroperasi di 2.000 kota Tiongkok dan memiliki 260 juta pengguna pada pertengahan 2017.

Pernyataan Alibaba menyiratkan bahwa mereka akan memperluas bisnis pengiriman Ele.me di luar makanan.

"Layanan pengiriman lokal Ele.me akan membangun keahlian intinya dalam pengiriman makanan untuk menyediakan lebih banyak produk dan layanan sesuai permintaan kepada konsumen," ujar Alibaba seperti dilansir AFP.

 

Penerjemah: Monalisa
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018