Bagaimana mau dipalsukan, telur itu memiliki membran dan sepintar-pintarnya orang, tidak mungkin bisa memalsukan membran telur."
Mamuju (ANTARA News) - Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Provinsi Sulawesi Barat Netty Nurmuliawaty menegaskan, telur sangat sulit dipalsukan sehingga meminta masyarakat di daerah itu tidak panik terkait isu telur palsu yang menyebar melalui media sosial.

"Bagaimana mau dipalsukan, telur itu memiliki membran dan sepintar-pintarnya orang, tidak mungkin bisa memalsukan membran telur," tegas Netty, kepada Antara, ketika dihubugi di Mamuju, Rabu.

Namun, untuk memberi ketenangan kepada masyarakat termasuk Wakil Gubernur Sulbar Enny Anggraeny Anwar yang juga menanyakan isu telur palsu itu, Netty mengaku sempat melakukan penelusuran di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Mamuju.

"Ibu Wagub memang sempat me-Watshapp (WA) saya mempertanyakan isu telur palsu itu dan saya sudah sampaikan ke beliau bahwa itu adalah `hoax` atau berita bohong. Tadi saat sidak, kami juga sempat menelusuri pasar-pasar dan tidak ditemukan sebab memang tidak ada telur palsu. Kalau telur lama atau yang tidak layak konsumsi itu yang ada," ucapnya.

"Jadi, kami mengimbau masyarakat umum, khususnya di Sulbar agar tidak panik dan tidak mudah mempercayai informasi yang berasal dari media sosial, kecuali sudah terverifikasi oleh pihak yang berkompeten. Seperti isu telur palsu yang banyak beredar di media sosial yang membuat panik masyarakat, kami tegaskan bahwa itu tidak benar," tegas Netty.

Pada saat melakukan penelusuran di pasar tredisional tersebut Kepala Badan POM Sulbar itu sempat menunjukkan contoh telur yang baik dan layak.

"Jadi, ibu Wabub merasa lega apalagi setelah melihat dan melakukan pengecekan langsung bersama kami di pasar tradisional," tutur Netty.

Sementara itu, Kapolres Majene Ajun Komisaris Besar Polisi Asri Effendy menyatakan, bersama Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan setempat, telah melakukan penelusuran terkait isu peredaran telur palsu di daerah itu.

"Satuan Reskrim bersama Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Majene sudah melakukan penelurusan dan ternyata itu hanya `hoax` yang disebarluaskan di media Sosial. Hanya saja kualitas Telur memang ada yang bagus dan ada yang sudah menurun atau kurang bagus," tegas Asri Effendy.

Pengecekan telur itu kata Kapolres untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat agar tidak panik dengan isu telur palsu tersebut.

"Kami akan aktif melakukan langkah antisipasi dengan mengecek langsung para pedagang atau penjual telur yang ada di Pasar Sentral Majene," ujar Asri Effendy.

Pewarta: Amirullah
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018