Jakarta (ANTARA News) - Politisi PDI Perjuangan Utut Adianto resmi menjabat sebagai wakil ketua DPR setelah mengucapkan sumpah dan janji dalam pelantikan di rapat paripurna DPR yang berlangsung di gedung parlemen Jakarta, Selasa.

Pelantikan dan pengucapan sumpah dan janji wakil ketua DPR baru yang dipimpin oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Muhammad Hatta Ali itu dihadiri oleh seluruh pemimpin DPR seperti Ketua DPR Bambang Soesatyo; wakilnya Fadli Zon, Taufik Kurniawan, Agus Hermanto, dan Fahri Hamzah; serta para anggota dewan.

Proses pelantikan serta pengucapan sumpah dan janji Utut Adianto berlangsung cepat.

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon, yang memimpin rapat paripurna, menyampaikan sambutan sebagai pengantar dan kemudian meminta Utut Adianto maju ke depan, lalu mengundang Ketua Mahkamah Agung Muhammad Hatta Ali memimpin pengucapan sumpah dan janji.

"Sebelum memangku jabatan wakil ketua DPR RI, Saudara wajib mengucapkan sumpah, menurut agama Saudara yakni Islam. Apakah Saudara bersedia?" kata Hatta Ali.

Utut segera menjawab,"Bersedia!"

"Patut saya ingatkan, sumpah yang Saudara ucapkan mengandung tanggung jawab terhadap terhadap bangsa dan negara. Sumpah adalah janji terhadap Tuhan dan manusia yang harus ditepati," kata Hatta Ali.

Setelah itu, Utut Adianto mengucapkan sumpah dan janji yang dipandu Ketua MA. Selesai mengucapkan sumpah dan janji, Utut menandatangani berita acara pelantikan.

Para pemimpin DPR kemudian mengucapkan selamat kepada Utut Adianto dan mereka pun berfoto bersama.

"Pimpinan DPR RI mengucapkan selamat kepada pimpinan DPR RI yang baru," kata Fadli Zon.

Rapat paripurna kemudian dilanjutkan dengan pelantikan serta pengucapan sumpah dan janji 11 anggota pergantian antarwaktu DPR.
 
 

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018