Ford akan produksi lebih banyak model SUV untuk mendongkrak keuntungan

Jumat, 16 Maret 2018 10:14 WIB
Ford akan produksi lebih banyak model SUV untuk mendongkrak keuntungan
Mobil konsep SUV Ford Lincoln. (https://commons.wikimedia.org)
Michigan (ANTARA News) - Pimpinan Ford Motor Co pada Kamis (15/3) waktu setempat mengungkapkan rencana ambisius mereka untuk mengalihkan portofolio produk kendaraan penumpang ke model SUV serta menambahkan lebih banyak mobil listrik dan hibrida.

Ford juga berencana memangkas biaya pengembangan dan produksi sebagai langkah yang diharapkan mampu mendongkrak keuntungan dan menaikkan harga saham Ford.

Ford merombak perusahan untuk kedua kalinya dalam satu dekade saat saingannya -- termasuk General Motors -- mengatakan kepada investor bahwa mereka siap bergerak agresif ke pasar melalui kendaraan berbasis teknologi baru seperti layanan robo taksi dan mobil listrik.

GM mengatakan pada Kamis akan menginvestasikan dana 100 dolar AS juta untuk dua pabrik di Detroit yang akan memulai produksi massal kendaraan versi swakemudi dari mobil listrik Chevrolet Bolt yang akan dipakai untuk taksi robo.

Baca: Sempat berhenti diproduksi, Ford bangkitkan kembali Ranger pickup

Jim Farley, presiden penjualan global Ford, mengatakan mereka berencana mengalihkan investasi senilai 7 miliar dolar AS untuk memproduksi lebih banyak model SUV yang pertumbuhannya sedang melejit di Amerika Utara sebesar 86 persen.

Pada 2020 Ford berencana menampilkan delapan model SUV, termasuk satu mobil listrik dan lima kendaraan hibrida. Ford juga akan menampilkan model legendaris Mustang bersamaan delapan model tersebut.

Baca: Produksi terus tertunda, calon pembeli Tesla pindah ke Chevrolet

Ford ingin menyaingi Tesla melalui model kendaraan listrik yang menggunakan baterai berorientasi performa pada 2020. Model itu merupakan yang pertama dari enam kendaraan listrik terbaru yang akan diproduksi pada 2022 sebagai bagian dari investasi 11 miliar dolar AS untuk elektrifikasi.

"Kendaraan itu akan menjadi terkenal tanpa harus menembaknya di luar angkasa," kata Farley yang menyinggung CEO Tesla, Elon Musk, yang meluncurkan roket SpaceX baru-baru ini.

Baca: Ford tarik 1,38 juta kendaraan gara-gara masalah baut kemudi

Sejalan dengan itu, Ford juga akan memindahkan fokus dari model Lincoln ke SUV dan mobil listrik.

Lincoln "melakukan elektrifikasi melintasi jajarannya secara global," dengan versi listrik hibrida baru dari model masa depannya, kata Farley, demikian Reuters.

Editor: Fitri Supratiwi

COPYRIGHT © 2018

Perusahaan produsen kendaraan roda empat asal India, Tata Motors menarget penjualan 400 unit kendaraan komersial  di Sumatera Selatan pada tahun ...
Kia Motors Corp akan menarik (recall) lebih dari 507.000 kendaraan di Amerika Serikat (AS) atas masalah sistem kelistrikan yang menyebabkan kantung udara ...
Toyota Indonesia melalui PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan PT Toyota-Astra Motor (TAM) menyediakan 18 kendaraan berupa 12 mobil listrik ...
Fiat Chrysler Automobiles (FCA) akan menyediakan lebih dari 62.000 unit kendaraan swakemudi kepada perusahaan teknologi Alphabet Inc. Puluhan ribu mobil ...
Sejumlah pameran seni dan otomotif hingga konser musik akan digelar di Jakarta pada Sabtu. Otobursa Tumplek Blek 2018 mulai dibuka pada hari ini hingga ...