Seoul (ANTARA News) - Perusahaan otomotif Korea Selatan Kia Motors Corp mengatakan pada Rabu kemarin akan menginvestasikan dana lebih dari  2 trilliun won atau 1,9 miliar AS (sekira Rp22,1 triliun) untuk membiayai program penelitian dan pengembangan (R&D) pada tahun 2018.

R&D yang direncanakan itu belum termasuk investasi fasilitas, kata juru perusahaan, kemudian menambahkan anggaran penelitian dan pengembangan itu akan dikeluarkan terutama untuk teknologi kendaraan masa depan, seperti kendaraan otonom (swakemudi).

Pada tahun ini, Kia telah menyiapkan total 2,069 triliun won untuk kegiatan R&D, naik 26 persen dari 1,642 triliun won yang dihabiskan pada tahun sebelumnya, menurut juru bicara perusahaan.

Pada 2017, rasio belanja R&D dari total penjualan mencapai 2,85 persen. Kia membukukan penjualan sebesar 53,536 triliun won pada tahun lalu.

Kia Motors juga telah mengungkapkan sketsa desain sedan mewah All New K900 yang rencananya akan diproduksi di Korea Selatan dan dijual di sejumlah pasar global terpilih mulai kuartal kedua 2018.

Baca: Kia bocorkan desain K900 jelang debut global

Baca: Hyundai, Kia raih kenaikan penjualan SUV di AS

Penerjemah:
Copyright © ANTARA 2018