Jakarta (ANTARA News) - Dua jenama otomotif Jepang, Mazda Motor Corporation dan Toyota Motor Corporation, berkolaborasi dengan membentuk perusahaan patungan di Amerika Serikat bernama Mazda Toyota Manufacturing U.S.A (MTMUS), yang akan mengoperasikan pabrik mobil di Huntsville, Alabama, mulai 2021.

Pabrik baru itu nantinya akan menampung kapasitas produksi 150.000 unit model crossover terbaru Mazda yang akan diperkenalkan di wilayah jual Amerika Utara dan 150.000 unit Toyota Corolla, demikian keterangan pers, Jumat.

Fasilitas yang menelan investasi tak kurang dari 1,6 miliar dolar AS (sekira Rp22,8 triliun) itu diklaim bisa menciptakan lapangan kerja untuk 4.000 orang.

"Kami berharap bisa mebangun pabrik MTMUS yang memiliki tempat spesial di hati masyarakat lokal untuk masa yang lama," kata Executive Officer Mazda Masashi Aihara yang akan menjabat sebagai Presiden MTMUS.

Baca juga: Toyota-Mazda bangun pabrik di AS

Baca juga: Aliansi dengan Mazda, Toyota bisa kombinasi teknologi dengan SkyAktiv

Baca juga: Toyota-Mazda jalin aliansi bisnis dan modal


Pabrik patungan dengan Mazda merupakan fasilitas produksi Toyota ke-11 yang berada di Amerika Serikat.

"Bukan hanya mewakili komitmen berkelanjutan kami di negeri ini, tetapi kunci penting meningkatkan daya saing industri manufaktur di AS," kata Executive General Manager Toyota, Hironori Kagohashi, yang akan menjabat sebagai Wakil Presiden Eksekutif MTMUS.

MTMUS saat ini masih mempersiapkan lokasi pabrik dan konstruksi penuhnya diharapkan dimulai pada 2019.
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018