Tangerang Selatan, (ANTARA News) - Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menjadi tuan rumah pertama perayaan hari kopi nasional yang jatuh pada tanggal 11 Maret 2018 mendatang, bertempat di Intermark Convetion Hall, Serpong.

"Tentu ini akan menjadi salah satu sejarah di Indonesia. Tangsel menjadi tempat dimana ditetapkannya hari Kopi Nasional. Yang kita tahu bahwa kopi Indonesia banyak dikagumi di luar negeri," kata Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie ketika membuka Festival Kopi Nusantara 2018 di Intermak Serpong, Jumat.

Dia menambahkan tak hanya sebagai ajang memajukan dan melestarikan cita rasa kopi nasional, kegiatan ini menjadi agenda untuk menarik pariwisata di Kota Tangsel.

"Soalnya akan banyak pecinta kopi yang akan hadir ke tempat ini, dari seluruh penjuru Indonesia," kata mantan camat Ciledug itu.

Pameran ini sendiri sedikitnya diikuti oleh 30 pengusaha kopi dari seluruh penjuru Indonesia. Termasuk, petani-petani daerah yang unggul dalam sektor pertanian kopi. Misalnya petani kopi arabica Bali, kopi khas Jambi, sampai dengan petani kopi Wamena, Papua.

Festival Kopi Nusantara 2018 berlangsung mulai Jumat (9/3) hingga Minggu (11/3), menampilkan berbagai macam aktivitas mulai dari diskusi sampai penampilan/ pertunjukan.

Mulai dari diskusi bertajuk "Potensi Kopi Meningkatkan Pendapatan Nasional sampai dengan cara membuat "Latte art" yang belakangan tengah menjadi mode.

Puncaknya, penutupan Festival Kopi Nusantara 2018 rencananya akan menghadirkan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. Wapres diagendakan untuk mendeklarasikan pembentukan Dewan Kopi Indonesia (Dekopi).

Pewarta: Mansyur
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018