iJakarta (ANTARA News) - Perusahaan asal Finlandia HMD Global telah memperkenalkan lima perangkat baru dalam gelaran Mobile World Congress (MWC) 2018 pekan lalu, namun nampaknya masih ada perangkat yang akan menyenangkan hati para penggemar Nokia.

Meskipun HMD telah memperkenalkan Nokia 8 Sirocco, yang merupakan smartphone andalan terbaru dari perusahaan tersebut, kabar menyebutkan bahwa setidaknya akan ada dua ponsel andalan Nokia lainnya yang akan diluncurkan akhir tahun ini.

Jika Anda yakin Nokia 8 Sirocco kurang greget dalam urusan kamera atau fitur lainnya, HMD berencana untuk meluncurkan Nokia 8 Pro dan Nokia 9.

Baca juga: HMD Global rilis versi baru Nokia 6, 7 dan 8

Dilansir dari laman Phone Arena, sumber yang mengetahui rencana perusahaan menyebutkan bahwa Nokia 9 akan menjadi ponsel yang lebih baik. Perangkat ini akan menampilkan layar yang sedikit lebih besar 5,7 inci, sementara Nokia 8 Pro dikatakan akan menghadirkan layar 5,5 inci.

Sayangnya, spesifikasi untuk kedua perangkat tersebut saat ini belum diketahui.

Namun, salah satu nilai jual utama Nokia 9 adalah modul kamera penta-lens, yang sudah lama dikabarkan, yang tidak akan hadir di Nokia 8 Pro. Selain itu, rumor mengatakan bahwa Nokia 9 akan menjadi smartphone pertama HMD yang menampilkan sensor sidik jari dalam layar.

Baca juga: HMD Global luncurkan Nokia 1 Android Oreo

Kedua ponsel tersebut kabarnya akan dilengkapi dengan prosesor Snapdragon 845, namun kemungkinan akan hadir dalam jumlah memori yang berbeda.

Untuk harga, Nokia 9 diperkirakan akan dibandrol dengan harga yang sama seperti produk andalan lainnya yang meluncur tahun ini, seperti Samsung Galaxy S9. Namun, Nokia 8 Pro kemungkinan akan jauh lebih murah yang menawarkan alternatif lebih baik kepada konsumen.

Laporan tersebut juga memperkirakan bahwa HMD berencana mengungkap Nokia 8 Pro pada bulan Agustus, sedangkan Nokia 9 sebulan kemudian, demikian Phone Arena.

Baca juga: Setelah Nokia 3310, kini giliran Nokia 8110 reinkarnasi
 

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018