Jakarta (ANTARA News) - Pejabat Lelang Kelas II Tintin Surtini berhasil mendapatkan kain batik Ibu Negara Iriana Joko Widodo dengan harga Rp19.050.000 dalam Lelang Sukarela Koleksi Pribadi Pejabat Negara di Galeri Nasional, Jakarta, Rabu.

Tintin, yang juga membeli baju batik milik Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dengan harga Rp10 juta dalam lelang itu, mengatakan pengalaman masa kecil yang membuat dia sangat peduli dengan pendidikan di Indonesia.

Ia lantas mengenang masa-masa ketika dia duduk di Kelas III Sekolah Dasar dan harus menjadi buruh tani, membantu orang memanen padi dan menjual gabah ke pasar demi membayar uang sekolah karena orangtuanya sakit-sakitan.


"Saya mengikuti lelang ini sangat puas. Karena arahan dari panitia, bahwa uang hasil lelang akan disalurkan untuk pendidikan," kata Tintin usai lelang.

Perempuan 63 tahun itu akan mengenakan kain batik Ibu Negara yang dia beli dalam lelang.

"Kain batik Ibu Iriana suatu saat akan saya pakai," katanya.

Tintin juga tak sabar mencoba mengenakan baju batik Sri Mulyani, yang ukurannya terlihat lebih kecil dari ukuran pakaiannya.

"Saya akan memakainya. Kalau kekecilan akan saya besarkan. Saya ingin merasakan secemerlang Bu Sri Mulyani yang juga peduli dengan bangsa ini," katanya.

Selain membeli batik Ibu dan Negara dan baju Menteri Keuangan, dalam lelang itu Tintin juga membeli kaligrafi berwarna emas milik Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan.


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018