Jakarta (ANTARA News) - Nissan Motor Co menggandeng DeNA Co akan menguji coba layanan mobil swakemudi berbasis aplikasi, Easy Ride, yang dikembangkan kedua perusahaan. Uji coba mulai dilakukan pada 5 Maret 2018.

Easy Ride mencoba menerjemahkan layanan mobilitas bagi setiap orang untuk melakukan perjalanan menuju tujuan mereka dengan bebas memanfaatkan layanan kendaraan berbasis robot, demikian keterangan resmi Nissan, Jumat.

Selama uji coba lapangan yang dilakukan di Distrik Minatomirai, Yokohama, Prefektur Kanagawa, pengguna bisa memanfaatkan layanan kendaraan swakemudi tersebut di rute yang telah ditentukan.

Rute itu mencakup jarak 4,5 kilometer dari markas Nissan menuju pusat perbelanjaan Yokohama World Porters.


Untuk menjaga efisiensi operasional armada yang diuji coba sembari memberikan ketenangan bagi penggunanya, Nissan dan DeNA mengatur sebuah pusat pengawasan jarak jauh.

Easy Ride menggunakan aplikasi smartphone dan pengguna bisa memerintahkan kendaraan untuk menuju tujuan-tujuan yang direkomendasikan baik melalui teks ataupun perintah suara.

Di dalam mobil, sebuah layar tablet akan menjajakan pilihan hampir 500 tujuan rekomendasi, sementara sekira 40 kupon diskon di toko-toko ritel dan restoran sekitar area tersebut juga tersedia untuk diunduh lewat ponsel partisipan uji coba.


Nissan dan DeNA berencana akan mulai mengoperasikan layanan Easy Ride untuk umum dalam waktu dekat di area terbatas sebelum kemudian memperkenalkannya secara menyeluruh pada awal 2020-an.

Berikut tayangan kampanye pengenalan Easy Ride di Jepang :


Pewarta:
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018