Oleh Michael Siahaan

Jakarta (ANTARA News) - Persija Jakarta sementara unggul 2-0 atas Bali United di babak pertama final Piala Presiden 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu malam, berkat penampilan gemilang Marko Simic.

Kedua gol itu dicetak oleh penyerang Marko Simic, masing-masing dengan sundulan di menit ke-20 dan tendangan salto di menit ke 45+2.

Dalam pertandingan yang disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo bersama lebih dari 68.000 penonton, di mana sebagian besar merupakan pendukung Persija, kedua tim bermain dengan tempo tinggi sejak awal pertandingan.

Persija, yang mengandalkan kecepatan Riko Simanjuntak di kanan dan Novri Setiawan di sisi kiri, sempat beberapa kali mengancam gawang Bali United yang dikawal Wawan Hendrawan.

Bali United yang cenderung mengandalkan pertahanan sembari sesekali mencoba serangan balik melalui sisi sayap pun akhirnya kebobolan di menit ke-20.

Gol tersebut berawal dari tendangan bebas di sisi kanan pertahanan Bali United yang dieksekusi Rezaldi Hehanusa. Bola yang meluncur menyilang disundul dengan sempurna oleh Marko Simic yang berdiri bebas. Skor menjadi 1-0 untuk keunggulan Persija.

Bali United berusaha keras membalasnya. Peluang anak-anak asuh Hans Peter Schaller datang di menit ke-41 melalui sepakan keras sang kapten Fadil Sausu, tetapi bisa digagalkan oleh Andritany Ardhiyasa.

Sibuk menyerang, Bali United justru kembali kemasukan gol di menit ke-45+2. Berawal dari kemelut di depan gawang Bali United, bola dioper ke Rohit Chan yang berada di sisi serang kiri Persija.

Pemain asal Nepal itu kemudian melepaskan umpan silang yang disambut dengan tendangan salto Marko Simic. Bola meluncur mulus ke gawang Wawan Hendrawan dan mengubah skor menjadi 2-0 yang bertahan sampai babak pertama usai.

Berikut susunan pemain kedua tim.

Persija: Andritany Ardhiyasa, Ismed Sofyan (kapten), Jaimerson da Silva, Rezaldi Hehanusa, Maman Abdul Rahman, Ramdani Lestaluhu, Rohit Chan, Sandi Darma Sutte, Marko Simic, Novri Setiawan, Riko Simanjuntak.

Cadangan: Muhammad Darmawan, Gunawan Dwi Cahyo, Asri Akbar, Fitra Ridwan, Nugroho Fatchur Rochman, Bambang Pamungkas, Rudi Widodo.

Bali United: Wawan Hendrawan, Ahn Byungkeon, Demerson Bruno Costa, Fadil Sausu (kapten), I Made Andhika Pradana Wijaya, Ricky Fajrin Saputra, Nick van der Velden, Muhammad Taufiq, Ilija Spasojevic, Stefanol Lilipaly, Yabes Roni Malaifani.

Cadangan: I Made Wardana, Irfan Bachdim, Agus Nova Wiantara, Dias Angga Putra, Ahmad Agung Setia Budi, I Gede Sukadana, Miftahul Hamdi.

Pewarta: Michael Teguh Adiputra S
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018