Samarinda (ANTARA News) - Kesebelasan Borneo FC berhasil mematahkan perlawanan Kalteng Putra dengan skor telak 4-0 pada laga uji coba yang berlangsung di Stadion Segiri, Samarinda, Kalimantan Timur, Sabtu (10/2).

Tim berjuluk " Pesut Etam" tersebut meraih kemenangan besar, meski hanya bermain dengan sembilan pemain setelah dua pemain Borneo yakni kiper Borneo FC Muhammad Ridho di menit ketiga dan Bursanuddin Ahya menit 83 mendapatkan kartu merah.

Empat gol kemenangan tim tuan rumah dicetak oleh Lerby Eliandry menit 21 dan 46, Srdan Lopicic menit 41, serta Titus Bonai menit 80.

Pelatih Borneo FC, Iwan Setiawan usai pertandingan mengaku bersyukur timnya bisa menerapkan taktik dan strategi yang sempurna meski hanya bermain dengan 9 orang.

Ia mengakui bahwa kondisi tersebut tak mudah lantaran Kalteng Putra juga bermain cukup agresif dan ditunjang dengan kualitas individu pemain yang baik.

" Lawan juga tampil baik, dan sangat menyulitkan pemain kami, apalagi kami hanya bermain dengan sembilan orang," katanya.

Iwan menjelaskan, untuk menghadapi permainan Kalteng Putra, timnya lebih banyak memainkan long pass di belakang garis pertahanan.

"Sebenarnya selain untuk Kalteng, itu adalah salah satu taktikal yang lagi ramai diterapkan. Bola-bola di belakang garis pertahanan adalah prioritas. Passing positif selalu tarik bola di belakang garis pertahanan," kata Iwan.

Menurut Iwan dengan kondisi 9 pemain ini, timnya bisa belajar menghadapi situasi sulit di lapangan.

"Banyak pelajaran terutama saat kartu merah. Ada sempat saat kita kartu merah ada yang bilang bisa gak diganti? Saya bilang gak usah diganti. Karena kita bisa ambil pelajaran dengan situasi ini. Dengan sedikit merubah formasi, kita bisa antisipasi Kalteng Putra," ucap Iwan.

Pewarta: Arumanto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018