Sepang (ANTARA News) - Juara bertahan MotoGP asal Spanyol, Marc Marquez, membuka tes pramusim 2018 di Sirkuit Sepang, Malaysia, Minggu, dengan menempati posisi ketujuh.

Walaupun berada di urutan tujuh, pebalap Repsol Honda itu mengaku senang karena ia tidak mengincar kecepatan melainkan menguji kemampuan tiga motor dengan mesin yang berbeda.

"Saya cukup senang, saya menggunakan tiga motor berbeda dengan tiga mesin berbeda -- motor tahun lalu dan dua mesin berbeda -- dan tentu saja cukup sulit karena mesin baru memerlukan penyesuaian," kata Marquez dilansir laman MotoGP, Minggu.

Marquez menyatakan belum menemukan 'setting' yang tepat pada motor yang memiliki torsi, tenaga dan sistem elektronika berbeda.

"Kami mencoba memperbaiki torsi, kekuatan," jelas Marquez. "Sepertinya ada di sana, tapi kami perlu menyesuaikan sistem elektronika untuk menemukan cara terbaik, dan menemukan sesuatu dari bagian bawah karena tahun lalu kami mencapai batas."

Pebalap Honda itu pun optimistis pengujian terhadap tiga motor berbeda akan membuahkan hasil, walaupun prosesnya akan memakan waktu.

"Selangkah demi selangkah," katanya. "Hari ini terkonsentrasi pada mesin, besok saya akan lebih berkonsentrasi pada 'set-up' karena hari ini saya tidak nyaman 100 persen pada motor kemudian kami bekerja lebih banyak pada aerodinamika dan hal lainnya."

Pada balap pramusim ini, Dani Pedrosa menjadi yang tercepat diikuti dua rider Ducati, Andrea Dovizioso dan Jorge Lorenzo, demikian laman MotoGP.

Penerjemah: Alviansyah Pasaribu
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018