Pandeglang (ANTARA News) - Bupati Pandeglang, Provinsi Banten Irna Narulita meminta kebutuhan korban gempa, terutama yang menyangkut kebutuhan pokok, diperhatikan.

"Saya sudah minta Dinas Sosial Kabupaten Pandeglang agar segera menurunkan bantuan bagi korban bencana ini," katanya di Pandeglang, Rabu.

Ia juga menyatakan telah meninjau langsung korban gempa pada beberapa titik di Kabupaten Pandeglang.

"Setelah terjadi gempa bumi di Lebak, saya langsung ke lapangan, dan sekarang pun terus memantau dan minta pihak terkait memberikan laporannya," ujarnya.

Bupati Pandeglang melakukan pantauan korban gempa di Desa Geredug, Kampung Babakan Sukamaju Desa Manggungjaya, Kecamatan Bojong.

"Kerusakan ada, tapi alhamdulillah tidak ada korban jiwa," ujarnya.

Berdasarkan catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang, sebanyak 11 unit rumah, tiga bangunan fasilitas umum, dan satu sekolah mengalami kerusakan akibat gempa berkekuatan 6,1 SR pada pukul 13.34 WIB, berlokasi 81 Km barat daya Kabupaten Lebak, Banten, Selasa (23/1).

Kepala BPBD Pandeglang Dadi Supriyadi ketika dikofirmasi menjelaskan, kerusakan terjadi pada beberapa kecamatan, yakni di Kecamatan Panimbang. Pada kawasan tersebut, ada satu rumah rusak berat dan satu bangunan berupa galeri batik Cikadu yang mengalami rusak ringan.

Kemudian, kata dia, di Kecamatan Cigeulis kerusakan terjadi pada kantor camat dan Puskesmas. Sedangkan di Kecamatan Cadasari sekolah CMBBS juga bagian atap aula ambrol.

"Semantara ini, data kerusakan baru itu yang masuk, kami tetap mencari informasi kalau masih ada yang terlaporkan," ujarnya.

Pewarta: Sambas
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018