Jakarta (ANTARA News) - Sejak peluncuran All News Toyota Rush pada 23 November 2017, PT Toyota Astra Motor (TAM) siap memasarkan SUV Toyota pada Januari ini. 

Dengan penampilan All New Rush berubah total dibandingkan generasi sebelumnya. Dimensinya semakin panjang, ruang kabin meluas, menggunakan mesin baru, dan semakin aman dengan penambahan fitur keselamatan. Dengan desain lebih bergaya dan dimensi lebih besar, penampilan All New Rush sebagai real Medium SUV terlihat lebih kokoh.

Untuk membuktikan hal itu, pihak TAM mengajak rekan-rekan jurnalis termasuk Antara News menjelajahi tanah Parahyangan selama dua hari (17-18 Januari 2018) dengan menggunakan tipe All New Toyota Rush tipe TRD Sportivo.

Perjalanan hari pertama dimulai dari Purwakarta menuju Bandung melalui kawasan Subang, Jawa Barat dengan karateristik jalan berkelok, menanjak dan menurun. 

Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto, menyatakan sesuai dengan tema test drive, yaitu "Discover Your Freedom", para   jurnalis diberikan kebebasan untuk menguji performa All New Rush sebagai 'the real   SUV'.

Dipilihnya Purwakarta, Subang,dan Bandung sebagai kawasan Journalist Test Drive All New Rush mengingat selain ketiga kota di Jawa Barat ini memiliki beragam kondisi jalan yang   menghubungkan lokasi berbagai destinasi wisata, seperti jalan tol, jalan raya perkotaan dan jalan arteri yang traffic-nya cukup padat, serta berkontur menanjak dan turun.  


Desain dan fitur

Panjang All New Rush bertambah 230 mm menjadi 4.435 mm, sedangkan demi menjaga kelincahan dengan DNA sebagai real Medium SUV, lebar All New Rush dipertahankan 1.685 mm, begitu juga tinggi 1.705 mm dan jarak antar roda (wheel base) 2.685 mm.

Dipadu dengan sistem roda penggerak belakang, engine baru berteknologi Dual VVT-i (2NR) serta ground clearance yang tinggi, All New Rush siap melewati berbagai rintangan dan kondisi jalan. Teknologi dual VVT-i (2NR), membuat performa All New Rush lebih efisien dalam pemakaian bahan bakar. Tenaga yang dihasilkan, 104 PS dan torsi 13,9 kgm.

Untuk meningkatkan kenyamanan, sistem suspensi menerapkan pengaturan (setting) yang lebih baik dengan stabilizer di bagian depan dan belakang. Tingkat kekedapan dan peredaman di dalam kabin juga menjadi lebih baik dibandingkan model sebelumnya.

Interior Rush terbaru memuat tujuh penumpang pada tiga baris bangku dengan jarak antara dashboard menuju bangku ketiga mencapai 2.525 mm. Sedangkan jarak antara bangku depan dengan baris kedua sejauh 925 mm atau lebih longgar 45 mm dibandingkan model sebelumnya.

Adapun jarak bangku baris kedua ke bangku ketiga 700 mm, sehingga penumpang baris ketiga jauh lebih nyaman. Bagasi All New Rush mencapai 450 mm atau lebih panjang 150 mm dibandingkan model sebelumnya.

Seluruh tipe All New Rush dilengkapi LED headlamp, integrated LED rear combination lamp, start-stop mesin, AC double blower, HU 7 inci, kamera parkir mundur, pengaturan kemudi, 6 kantong udara, Vehicle Stability Control (VSC), indikator pengingat 7 sabuk pengaman, ABS, EBD, Hill Start Assist (HSA), dan Emergency Stop  Signal (ESS).

All New Rush hadir dalam dalam enam warna menarik, yaitu white, silver mica metallic, black mica, bronze mica metallic, red mica metallic, dan bordeaux mica.

(istimewa)


Hari kedua

Pada hari kedua pelaksanaan Journalist Test Drive All New Rush, para jurnalis melintasi jalan-jalan perkotaan di Kota Bandung dan sekitarnya yang memiliki traffic cukup padat, serta jalan bebas hambatan (tol) Cipularang menuju Jakarta.

Karakteristik jalan yang akan dilalui para jurnalis menyusuri sudut-sudut Kota Bandung guna melakoni berbagai aktivitas test drive sejalan dengan tema Discover Your Freedom ini juga sangat cocok untuk membuktikan kelincahan serta kenyamanan berkendara di kawasan perkotaan, dari sebuah real SUV yang hadir sebagai representasi semangat dan gaya hidup kalangan urban perkotaan dengan nuansa sporty.

Bahkan saat melintasi jalan bebas hambatan yang cukup panjang, performa kenyamanan dan keamanan All New Rush juga tidak kalah dengan mobil dengan kelas di atasnya. Selanjutnya kesempatan anda untuk mencobanya.

Toyota All News Rush (istimewa)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018